Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Jurangombo Ciptakan Arjuna AI

- Kamis, 29 September 2022 | 13:58 WIB

Sebagai kota cerdas (Smart City), Kota Magelang selalu dituntut untuk memiliki inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya seperti yang telah dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jurangombo dengan membuat inovasi bernama Arjuna AI berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Pencipta Arjuna AI, Rian Cesarea mengatakan, dengan inovasi Arjuna AI ini masyarakat bisa mendapat pelayanan tanpa harus datang langsung ke Puskesmas. Disebutkannya, terdapat 2 fungsi yang dimiliki oleh kecerdasan ini.

Pertama, menjadi admin robot untuk masyarakat yang berkaitan dengan kemudahan pelayanan. Kedua, personal asisten karyawan Puskesmas yang terkait dengan kemudahan akses, karena menggunakan sistem drive dalam pengumpulan berkas.

"AI ini kami implan dengan WhatsApp Puskesmas Jurangombo, misalnya ketika ada UKS di SD, SMP, dan SMA wilayah Jurangombo yang melakukan tensi, datanya akan langsung keluar. Sebelumnya, setelah melakukan pemeriksaan harus menunggu selama 1-2 bulan,” ujarnya di kantornya.

Menurutnya, AI ini dijalankan melalui WhatsApp, karena lebih efektif dibandingkan menggunakan media aplikasi khusus. Pihaknya pun memiliki tagline tanpa perlu instal aplikasi, karena WhatsApp lebih mudah dan banyak yang menggunakan.

"Arjuna AI ini merupakan sistem adaptive learning, yang dapat merespon dengan kalimat atau kata apapun. Program akan terus berjalan selama 24 jam penuh tanpa memerlukan admin selama device masih menyala," katanya.

AI ini, imbuh Rian, mempermudah tenaga kesehatan dalam melakukan pemeriksaan input data, karena yang akan menentukan kondisi kesehatan pasien adalah Arjuna AI, yang disebut dapat berpikir sendiri. “Kalo karyawan mau mengirimkan file, WhatsApp ke Arjuna saja nanti akan dikasih link drive. Misalnya ada program penyakit kronis (Proanis) yang setiap bulannya perlu melakukan cek tensi atau darah, datanya ada di Arjuna. Sehingga, memudahkan pasien memantau hasil pemeriksaan dan memudahkan karyawan untuk melakukan monitoring,” jelasnya.

Arjuna pertama kali diluncurkan dengan versi 1 pada 28 Juni lalu dengan fitur terbatas seperti melakukan percakapan sederhana. Saat ini sampai versi 4, sehingga dapat menentukan diagnosis seperti status gizi dan terintegrasi raport untuk melihat data bulanan pasien.

"Rencananya pada versi ke depannya akan terhubung dengan media sosial, untuk mengikuti perkembangan zaman. Pengguna media sosial kan sangat besar, nah nanti akan mempermudah lagi masyarakat yang ingin memanfaatkan Arjuna AI ini," paparnya.

Dia menyebutkan, masyarakat nanti juga dapat melakukan pendaftaran BPJS dan pelayanan umum lainnya secara online, karena Arjuna AI menjadi perantara antara pasien dan tenaga kesehatan. “Sudah ada fitur pendaftaran BPJS dan umum secara online, nanti Arjuna akan mengabarkan ke petugas terkait untuk melakukan validasi ke nomor yang bersangkutan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X