Sebanyak 24 Bakal Calon Kades Ikuti Tes Tertulis

- Kamis, 29 September 2022 | 08:35 WIB
TERTULIS - Dinsos PMD mengadakan seleksi tambahan secara tertulis bagi bakal calon kepala desa dalam Pilkades, Rabu (28/9).
TERTULIS - Dinsos PMD mengadakan seleksi tambahan secara tertulis bagi bakal calon kepala desa dalam Pilkades, Rabu (28/9).

WONOSOBO, kedu.suaramerdeka.com - Dinsos PMD melaksanakan seleksi tambahan bagi bakal calon kepala desa dari tiga wilayah. Tiap desa hanya diambil lima bakal calon. Banyaknya peminat bursa pilkades dinilai menjadi bukti kepedulian terhadap kemajuan desa.

Sebanyak 24 bakal calon kades mengikuti tes tertulis sebagai seleksi tambahan untuk maju dalam Pilkades pada Oktober mendatang. Tes berlangsung selama dua jam, dimulai pukul 10.15 - 12.15 di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kertek. Sejumlah personel kepolisian juga nampak bersiaga guna mengantisipasi terjadinya konflik.

Kepala Dinsos PMD, Harti, menjelaskan tes tersebut merupakan seleksi tambahan bagi tiga desa yang memiliki bakal calon kades lebih dari lima. Antara lain dari Desa Beran Kecamatan Kepil, Gumawang Kidul Kecamatan Watumalang dan Jolontoro Kecamatan Sapuran.

Baca Juga: Bank Jateng Kebumen Grebeg Pasar Tumenggungan, Kredit Lapak untuk Pedagang Pasar Diminati

“Sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku jika dalam pilkades terdapat lebih dari lima, maka harus ada seleksi tambahan ini tes tertulis. Total harusnya ada 28, namun ada empat yang tidak hadir. Dua dari Desa Beran dan lainnya dari Jolontoro,” papar Harti usai acara, Rabu (28/9).

Para calon kades ini mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Soal tes meliputi Bahasa Indonesia, Pancasila dan UUD 1945, pengetahuan soal tata pemerintah daerah dan desa serta pengetahuan umum.

Hasil tes tersebut langsung dicocokkan dan langsung diumumkan usai pelaksanaan ujian. Pencocokan jawaban pun disaksikan oleh banyak pihak yakni Wakil Bupati Wonosobo beserta jajaran Forkopimda, tim panitia pilkades masing-masing desa, para camat serta para bakal calon kades.

Baca Juga: 4 Desa di Magelang Jadi Sasaran Penanganan Anak Tidak Sekolah

“Hasil tes langsung diumumkan karena memang amanat regulasi bahwa setelah seleksi langsung skoring bersama. Langsung kita beritahu agar semuanya terbuka, dan ini sudah diketahui urutan lima besarnya,” imbuh Harti.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X