Anti Tiga Dosa Besar Pendidikan Harus Ditanamkan Sejak Dini

- Rabu, 28 September 2022 | 09:23 WIB

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - SMP Takhassus Al Quran Al Fathoniyyah mendeklarasikan anti tiga dosa besar dalam pendidikan. Anti bulliying, kekerasan dan intoleransi harus ditanamkan sejak dini. Setiap sekolah harus menciptakan situasi yang nyaman dan aman untuk siswanya.

Ratusan siswa SMP Takhassus Al Quran Al Fathoniyyah Kertek melakukan deklarasi anti tiga dosa besar pendidikan pada Selasa (27/9) di aula sekolah tersebut. Sebelum deklarasi, mereka mendapat pemaparan dari Kanit Binmas Polsek Kertek Aipda Nanang Dwi Putro Wibowo mengenai dampak tiga dosa besar pendidikan.

Aipda Nanang menjelaskan, sekolah merupakan tempat kedua bagi anak-anak dalam menghabiskan waktunya sehari-hari. Maka dari itu, sekolah harus menghadirkan tempat yang aman dan nyaman untuk belajar. 

Baca Juga: Pemandu Wisata Harus Kuasai Tiga Bahasa Asing

“Kekerasan seksual, perundungan dan intoleransi harus dicegah sejak dini. Sebab hal ini akan berdampak pada fisik dan psikis anak jika tak dicegah. Lingkungan sekolah juga harus mengetahui peraturan bagaimana konsekuensi jika melanggar aturan,” papar Nanang. 

Dia mengajak seluruh siswa tak sungkan lapor pihak berwajib jika mendapati permasalahan tersebut. “Baik sebagai korban maupun saksi sehingga masalah bisa sehera diatasi. Bila diperlukan langkah hukum, Polsek Kertek siap menangani,” imbuh dia. 

Baca Juga: Film Sri Asih Rilis 6 Oktober di Bioskop Tanah Air

Kepala Sekolah SMP Takhassus Al Quran Al Fathoniyyah mengatakan mengundang Polsek Kertek untuk memberi paparan merupakan salah satu upaya mencegah tiga dosa besar pendidikan. “Harapannya peserta didik jadi paham untuk menghindari. Bila terjadi hal yang tak diinginkan kami akan limpahkan ke kepolisian, jika memang sudah tak bisa dibina,” ucap Anggih. (ang)

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X