Pemandu Wisata Harus Kuasai Tiga Bahasa Asing

- Rabu, 28 September 2022 | 09:20 WIB



WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Pemandu wisata harus menguasai setidaknya tiga bahasa asing. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pada wisatawan. Kegiatan wisata outbond harus dikelola secara profesional.

Sebanyak 40 pengelola desa wisata Wonosobo mengikuti pelatihan dan uji kompetensi Pemandu Wisata Outbond di Wonoland selama tiga hari, yakni, Selasa (27/9) hingga Kamis (29/9). Para peserta berasal dari 9 pengelola desa wisata dan pemandu outbond mandiri.

Wakil Bupati Wonosobo M Albar menekankan pentingnya menguasai bahasa asing dalam dunia pariwisata, terlebih lagi sebagai pemandu wisata. Sebab nantinya bahasa lah yang menjadi sarana komunikasi saat mendampingi wisatawan.

Baca Juga: Film Sri Asih Rilis 6 Oktober di Bioskop Tanah Air

"Penguasaan bahasa asing ini penting juga untuk meningkatkan kepuasan wisatawan itu sendiri, karena informasi yang diberikan denan bahasa yang baik dapat diterima. Guide ini juga nanti yang akan memberikan arahan dan saran kepada turis dalam melakukan perjalanan wisatanya," kata Albar pada saat membuka acara tersebut.

Maka dari itu dia menekankan seorang guide setidaknya menguasai tiga bahasa, yakni Inggris, Mandarin dan Arab. Dia memiliki alasan tersendiri mengapa tiga bahasa tersebut dirasa penting. Salah satunya yakni melihat potensi wisatawan yang datang ke Wonosobo.

"Karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional. Mengapa bahasa Arab? Karena potensi wisatawan dari Bangsa Arab sangat besar sekali tapi di Wonosobo belum tergarap dengan baik. Sedangkan penguasaan bahas China karena pusat erekonomian saat ini sudah mengarah ke China," imbuh Albar.

Baca Juga: Untidar Segera Sahkan Satgas PPKS

Pada saat yang sama, Kepala Disparbud Agus Wibowo juga menekankan bahwa outbond merupakan atraksi destinasi wisata yang harus dikelola secara profesional. Maka dari itu harus diimbangi dengan pelaku dan pemandu yang profesional pula.

"Harus sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Daya tarik wisata alam di Wonosobo berpotensi besar untuk menyajikan wisata outbound ini untuk menarik wisatawan hadir di Wonosobo," tutup Agus. (ang)

 
 

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Read Aloud Magelang Resmi Dilaunching

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:55 WIB

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X