IKM di Kota Magelang Ikuti Pelatihan HACCP

- Selasa, 27 September 2022 | 17:08 WIB
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (berdiri) tengah menyampaikan sambutan dalam pelatihan HACCP yang diikuti pelaku IKM pangan di Atria Hotel Magelang, Senin (26/9/2022). (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (berdiri) tengah menyampaikan sambutan dalam pelatihan HACCP yang diikuti pelaku IKM pangan di Atria Hotel Magelang, Senin (26/9/2022). (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Sebanyak 30 pelaku industri kecil menengah pangan di Kota Magelang mengikuti pelatihan Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) di Atria Hotel Magelang, Senin hingga Kamis (26-29/9/2022).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Syaifullah mengatakan, pelatihan HACCP bertujuan memberikan pengetahuan tentang manajemen mutu pangan yang dipersyaratkan apabila usaha olahan pangan ingin menembus pasar yang lebih luas.

Narasumber pelatihan dari Sucofindo, Kurnia Andhika Sari menuturkan, good manufacturing practices (GMP) mensyaratkan adanya HACCP. GMP membahas soal persyaratan minimum yang harus dipenuhi pada seluruh rantai makanan, mulai bahan baku sampai produk akhir.

Penerapan GMP memiliki manfaat baik bagi pemerintah maupun industri. Bagi pemerintah, GMP dapat melindungi konsumen dari penyakit atau kerugian akibat olahan pangan yang tidak memenuhi syarat.

Baca Juga: Angkat Potensi Lokal, Murid SMP 3 Kedu Buat Jaran Kepang Dengan Sebilah Bambu

Lain itu, memberikan jaminan kepada konsumen bahwa olahan pangan yang dikonsumsi merupakan produk yang layak.

"Sedangkan bagi industri penerapan GMP berguna untuk memproduksi dan menyediakan pangan olahan yang aman dan layak bagi konsumen.  Selain itu untuk mempertahankan atau meningkatkan kepercayaan dunia internasional terhadap pangan olahan yang diproduksi," terang Kurnia, Senin, dilansir dari laman Pemkot Magelang, Selasa (27/9).

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz meminta, pelaku IKM pangan untuk mengembangkan pemasaran digital dan bergabung dengan program Kelurahan Entrepreneurship Center atau Magelang Keren.

Baca Juga: Rusuh Suporter dalam Laga PPSM Vs Persitema di Magelang, 2 Panpel Masuk RS

"Selain mutu, permasalahan untuk UMKM juga pada pemasaran. Nanti harus ada festival, agar mutunya bisa dinilai," ujarnya. 

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X