Penipuan Dengan Mencatut Nama Kepala Daerah Kembali Terjadi

- Senin, 26 September 2022 | 15:00 WIB
Tangkapan layar percakapan pelaku penipuan yang mengatasnamakan Kepala Daerah kepada salah satu perangkat Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing. (SM/Dok)
Tangkapan layar percakapan pelaku penipuan yang mengatasnamakan Kepala Daerah kepada salah satu perangkat Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing. (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Upaya penipuan dengan pencatutan mengatasnamakan Bupati Purworejo Agus Bastian dan Wakil Bupati Yuli Hastuti kembali terjadi.

Hal serupa juga telah terjadi beberapa kali dengan modus yang berbeda-beda. Untuk penipuan kali ini dilakukan melalui pesan Whatsapp yang diterima seorang perangkat desa belum lama ini.

Pelaku mengaku sebagai Wakil Bupati Purworejo dengan menggunakan foto profil Yuli Hastuti.

Modus pelaku kali ini adalah membagikan informasi tentang dana bantuan ke masjid atau mushola. Pelaku meminta nomor rekening calon korbannya, dengan dalih nantinya dana bantuan itu akan dikirimkan lewat nomor rekening tersebut.

Hamdan yang menjabat sebagai Sekretaris Desa Ngadirejo Kecamatan Kaligesing menuturkan, dirinya mendapat pesan dari nomor pelaku yang berjanji akan memberikan bantuan untuk masjid didesanya.

“Pelaku menyampaikan bahwa akan ada donasi dari Pemkab untuk Masjid Al Huda Kembangsoko Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing dan meminta untuk mengirimkan nomor rekening,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (26/9).

Menurut Hamdan, modus penipuan mengatasnamakan pejabat pemerintah seperti ini sangat berbahaya. Karena tidak semua orang paham tentang meknisme bantuan pemerintah.

"Semoga Pemerintah segera menindaklanjuti kejadian tersebut, agar jangan sampai menimbulkan korban," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinkominfostasandi Purworejo Yudhie Agung Prihatno menjelaskan bahwa kejadian serupa juga pernah beberapa kali terjadi dengan mengatasnamakan bupati maupun wakil bupati. Untuk itu dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan adanya pesan demikian.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X