Pameran Seni Rupa FKY Wadahi Seniman Unjuk Karya Seni

- Selasa, 20 September 2022 | 12:16 WIB

YOGYAKARTA, suaramerdeka-kedu.com - Puluhan karya seni rupa dipajang di Ruang Cendrawasih, Teras Malioboro 1. Pameran yang merupakan rangkaian dari Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2022 mendapat antusiasme dari pengunjung. 

Staff Pameran Seni Rupa FKY Namira Putri mengatakan, pameran seni rupa FKY digelar pada 12 hingga 21 September mendatang. Tahun ini pameran tersrbut mengangkat tema Mengelola Air dan Tanah. 

“Tahun lalu kan temanya tentang api, nah ini sinkron dengan  mengelola air dan tanah. Kalau dilihat banyak seniman yang karyanya dipajang di sini membawa pesan agar manusia melindungi air dan tanah. Seperti misalnya ada satu karya seniman dari Gunung Kidul yang menggambarkan bagaimana air bersih di lingkungan tempat tinggalnya,” jelas Namira kepada Suara Merdeka, Senin (19/9).

Baca Juga: Wonosobo Raih Juara dalam Festival Film Pramuka Pandu Citraloka 2022

Dia menambahkan, pameran seni rupa FKY tahun ini menampilkan karya seniman dari berbagai daerah di Yogyakarta. Bahkan tak hanya seniman saja, ada juga karya dari seorang juru kunci di Gunung Kidul.

“Ada karya Mbah Marni seorang juru kunci Sendang Telaga Saga Kelurahan Kemiri, Kapanewon, Tanjungsari, Gunung Kidul. Dia melihat dua naga di sebuah perairan, kemudian dia langsung pulang ke rumah cari kertas seperti jenis kardus kemudian menggambarkannya,” imbuh Namira. 

Lokasi pameran ini menarik perhatian wisatawan. Tak jarang di antara mereka yang berswa foto di depan karya para seniman. Salah satunya adalah Faiz (19) yang datang bersama kawan sebanyanya. 

Baca Juga: Videotron Homestay di Borobudur Diretas, Muncul Tulisan Bjorka

“Karyanya menarik dan semua bagus. Kebetulan saya juga suka menggambar jadi buat menambah inspirasi,” tutu Faiz. (ang)

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X