BPJS Ketenagakerjaan Imbau Pedagang Pasar Miliki Jamsostek

- Senin, 19 September 2022 | 12:16 WIB
Petugas BPJS Ketenagakerjaan Magelang (kanan) memberikan informasi soal jamsostek kepada pedagang pasar. (Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan Magelang)
Petugas BPJS Ketenagakerjaan Magelang (kanan) memberikan informasi soal jamsostek kepada pedagang pasar. (Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan Magelang)

Pedagang pasar menjadi fokus perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, pekerjaan tersebut dinilai memiliki risiko yang cukup besar, apalagi mereka tidak hanya berasal dari daerah domisili pasar.

Di Magelang sendiri setidaknya terdapat 24 pasar tradisional dengan jumlah pedagang 7.006 orang. Dari 7.006 pedagang, ada 4.851 di kota dan 2.155 di kabupaten, merujuk data dinas perdagangan masing-masing.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan memang fokus memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja sektor informal. Terutama pekerja yang tergolong rentan.

Baca Juga: Rayakan Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan Magelang Jenguk Peserta di Rumah Sakit

"Pedagang sangat mungkin mengalami risiko kecelakaan kerja pada saat bekerja. Apalagi mereka bekerja pada lingkungan pasar yang cukup keras dan mobilitas mereka yang cukup sering, serta banyak pedagang tidak berasal dari wilayah domisili pasar," terangnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).

Budi mengimbau pedagang pasar untuk mendaftarkan diri pada program jamsostek agar dapat bekerja secara aman dari risiko ekonomi dan sosial.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X