Tim Pengabdian Untidar Edukasi Warga Sempu soal Biokonversi Sampah

- Senin, 19 September 2022 | 11:46 WIB
Suasana lokakarya biokonversi sampah organik dari tim pengabdian Untidar di Dusun Sempu, Desa Ngadirojo, Kecamatan Secang. (Dokumentasi Untidar)
Suasana lokakarya biokonversi sampah organik dari tim pengabdian Untidar di Dusun Sempu, Desa Ngadirojo, Kecamatan Secang. (Dokumentasi Untidar)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Warga Dusun Sempu, Desa Ngadirojo, Kecamatan Secang masih mengandalkan kebun kosong untuk membuang sampah. Ini tak lain lantaran tempat pengolahan sampah tidak tersedia.

Masalah lain datang dari mereka yang beternak itik, yakni soal bahan pakan yang relatif mahal.

Dua masalah itu jadi fokus tim pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Tidar, dilansir dari laman Untidar, Senin (19/9/2022). Tim ini terdiri atas dosen prodi Peternakan, Pendidikan IPA, dan sejumlah mahasiswa.

Baca Juga: Aranaa, Kreasi Sukulen ala Mahasiswa Untidar

Ketua tim, Tri Puji Rahayu mengatakan, agenda pertama yang dilakukan adalah edukasi pengolahan sampah organik melalui biokonversi oleh lalat BSF (maggot).

Biokonversi merupakan proses alami yang melibatkan larva serangga untuk menyerap nutrien dari limbah organik menjadi biomassa larva BSF. Maggot mengandung protein tinggi antara 45-50% dan lemak 24-30%, sehingga sangat berpotensi sebagai bahan pakan sumber protein hewani yang ekonomis.

Eli Trisnowati, salah satu anggota tim pengabdian, menambahkan maggot yang digunakan untuk biokonversi lantas bisa dijadikan sumber pakan untuk itik.

Baca Juga: PBI Untidar dan PSU Filipina Lakukan Pertukaran Mahasiswa

"Besar harapan kami dari tim, serangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan berjalan dengan baik. Warga sasaran pengabdian meningkat dalam hal pengetahuan, keterampilan, hingga pemenuhan kebutuhan pakan Itik Magelang," jelas Eli.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X