Pentingnya Tes Pap Smear untuk Kaum Hawa

- Senin, 19 September 2022 | 09:01 WIB
WONOSOBO, kedu.suaramerdeka.com - Tes pap smear penting dilakukan untuk deteksi dini kanker serviks. Namun beberapa perempuan enggan melakukan tes ini.

Selain deteksi dini kanker leher rahim, pengecekan ini juga berfungsi untuk memberikan perlindungan terbaik pada serviks. Berikut ini beberapa alasan perempuan tak mau tes pap smear.

1. Minim pengetahuan
Sebanyak 20 persen perempuan berusia di atas 50 tahun tak menganggap bahwa tes pap smear mengurangi risiko penyakit ini. Sementara lebih dari sepertiga wanita muda tak mengetahui tes ini dapat mengurangi risiko kanker serviks. Padahal pap smear bisa mencegah 75 persen risiko penyakit ganas tersebut. 
 
2. Menyakitkan
Banyak orang beranggapan dan khawatir pap smear menyakitkan. Namun tidak seharusnya demikian. Bila Anda merasa sakit, beritahu perawat. Misalnya saja dengan spekulum yang lebih kecil dan berbicara dengan Anda mengenai apa yang terjadi. 
 
3. Tidak berani melihat hasilnya
Tes ini sebenarnya dapat mendeteksi dini dan mencegah kanker serviks. Namun banyak yang beranggapan bahwa tes pap smear adalah tes untuk kanker dan terdengar mengerikan. Sekitar 94 persen hasilnya jelas, dan sisanya bisa memerlukan pengobatan sel-sel abnormal non-kanker.
 
4. Malu
Sepertiga perempuan muda menunda tes pap smear mereka. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dari Jo’s Cervical Cancer yang menunjukkan alasan penundaan tes ini adalah rasa malu. Mereka khawatir dengan bentuk tubuh dan melihatnya. 
 
5. Telah vaksin HPV
Vaksin HPV mampu menghindari 70 persen kanker serviks dan ini akan mengurangi risiko terkena penyakit tersebut. Namun vaksin pun tidak akan memberikan perlindungan penuh, maka tes akan sangat penting. (ang)
 
 

Editor: M. Nur Chakim

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X