Tiga Desa di Magelang Tolak Pertambangan Pasir

- Jumat, 16 September 2022 | 18:48 WIB
Spanduk berisi penolakan tambang pasir di bantaran Sungai Tlingsing yang masuk wilayah Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Jumat (16/9/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Spanduk berisi penolakan tambang pasir di bantaran Sungai Tlingsing yang masuk wilayah Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Jumat (16/9/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Masyarakat di tiga desa di Kecamatan Dukun melakukan pemasangan spanduk yang berisi penolakan pertambangan pasir di Sungai Tlingsing, Jumat (16/9/2022).

Ketiga desa itu antara lain Sewukan, Sengi, dan Paten. Masyarakat memasang spanduk di tiga titik bantaran Sungai Tringsing yang ditengarai jadi lokasi pertambangan bahan galian golongan C.

Salah satu koordinator aksi, Wawan Hs menuturkan, pemasangan spanduk dilakukan sebagai respons atas tiga perusahaan tambang yang telah mendekati sejumlah warga untuk membeli lahan di sekitar Sungai Tlingsing.

Menurut Wawan salah satu perusahaan telah memberikan uang muka berkisar Rp500 ribu kepada enam warga.

Baca Juga: Pemdes Kemiren, Srumbung Putus Akses Tambang Pasir Ngori

"Warga yang menerima DP [uang muka] sebenarnya tidak setuju (melepas lahannya). Setelah (pemerintah) desa bilang (bantaran Sungai Tringsing) tidak untuk pertambangan, uang DP dikembalikan," terangnya kepada Suara Merdeka.

Adapun modus perusahaan itu membujuk warga setempat, Wawan bilang dengan menakut-nakuti apabila lahan tidak dilepas demi kepentingan pembangunan, pemilik lahan akan diperkarakan.

Peraturan Tolak Tambang

Pemerintah Desa Sewukan, Sengi, dan Paten memiliki Peraturan Bersama Kepala Desa Sewukan, Sengi, dan Paten Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pelestarian Sungai Tlingsing. Aturan ini baru disahkan pada Kamis (8/9) lalu.

Dalam beleid pasal 4 termuat bahwa kerja sama antardesa untuk "memelihara kelestarian Sungai Tlingsing agar tetap bisa digunakan oleh masyarakat untuk menunjang pertanian dan penyediaan air bersih di ketiga desa."

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X