Pelatihan Olahan Daun Kelor dari Taman Kehati PT Tirta Investama Wonosobo pada Kader PKK

- Kamis, 15 September 2022 | 19:02 WIB
Foto bersama (SM/Dok)
Foto bersama (SM/Dok)

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Puluhan ibu-ibu PKK Kelurahan Kejiwan mendapat pelatihan pengolahan pangan daun kelor dari Taman Kehati PT Tirta Investama Wonosobo. Tanaman jenis ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Fasilitator Taman Kehati AQUA Abdul Hakim mengatakan, Pelatihan Produk Olahan Daun Kelor menjadi Makanan Pendamping Gizi Keluarga, ini diikuti oleh sekitar 32 orang kader posyandu dan PKK Kelurahan Kejiwan. Selain pelatihan, acara ini sekaligus menjadi ajang pengenalan taman keanekaragaman hayati (kehati) milik PT Tirta Investama (AQUA).

Pelatihan (SM/Dok)

Hakim menambahkan, acara yang digelar pada Selasa (13/9) lalu di Kantor PKK Kelurahan Kejiwan tersebut mendapat antusias dari para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir dan acara yang interaktif.

"Ibu-ibu sangat antusias untuk belajar mengenai pengolahan daun kelor. Peserta banyak yang bertanya terkait materi, bahkan mereka memberi usulan untuk melakukan workshop lanjutan tentang tema inovasi dari Taman Kehati AQUA," kata Hakim yang dikonfirmasi, Kamis (15/9).

Dia berharap peserta bisa memahami pentingnya konservasi tumbuhan dan melihat sisi lain tumbuhan kelor yang bernama latin moringa oliviera. Kelor, lanjut Hakim, memiliki fungsi kesehatan sebagai makanan pendamping keluarga.

"Selain itu manfaat ekonomi dan lingkungannya cukup diperhitungkan. Kami harap masyarakat bisa belajar bersama mengembangkan tanaman kelor sebagai upaya konservasi perkotaan bersama Taman Kehati Aqua," tambah Hakim.

Baca Juga: Aksi Nyata Selamatkan Bumi, BRI Beri Bibit Pohon

Seperti diketahui, tanaman kelor di Indonesia basanya digunakan sebagai bahan pangan dan obat-obatan. Badan kesehatan dunia (WHO) menganjurkan anak-anak mengonsumsi daun kelor terutama yang dalam masa pertumbuhan.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB

'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB

Gebyar Literasi Matansa Songsong HAB Kemenag

Rabu, 30 November 2022 | 15:57 WIB

MTs 1 Kebumen Rebut 1.168 Medali di Event MIO

Rabu, 30 November 2022 | 15:54 WIB

Pemuda Desa Nampudadi Dilatih Jurnalistik

Rabu, 30 November 2022 | 15:52 WIB
X