Pengarsipan Letter C Digital Penting untuk Minimalisir Sengketa Tanah

- Kamis, 15 September 2022 | 16:31 WIB
Peluncuran Program Digitalisasi Buku Letter C Desa (Protades), Kamis (15/9) di Hotel Dafam Wonosobo. (SM/Pelangi Karismakristi)
Peluncuran Program Digitalisasi Buku Letter C Desa (Protades), Kamis (15/9) di Hotel Dafam Wonosobo. (SM/Pelangi Karismakristi)

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Arsip desa letter C penting untuk diselamatkan secara digital. Hal ini untuk menghindari adanya sengketa tanah pada kemudian hari. Program Digitalisasi Buku Letter C Desa (Protades) diluncurkan.

Pendiri Protades Indonesia Juni Prayitno menjelaskan, letter C merupakan buku arsip pertanahan desa yang kuno dan sudah ada sejak zaman penjajahan.

Kondisi arsip tersebut kebanyakan, sudah memprihatinkan, maka tak heran jika kini sering terjadi sengketa tanah.

Menurutnya,masalah tanah adalah masalah krusial yang dalam skala kecil bisa menyebabkan sengketa baik antar saudara ataupun bahkan bisa menyebabkan kriminalitas.

Menyelamatkan letter c secara digital, menurut Juni sangat penting untuk menjaga kedaulatan. 

“Letter C kami alih media kan atau digitalisasi agar pelayanan bagi masyarakat juga lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Aplikasi protades ditanam di masing-masing desa, biasanya ke sekretaris desa atau yang ditunjuk. Kami juga tidak online, sehingga kerahasiaan terjaga,” tutur Juni pada saat Peluncuran Program Digitalisasi Buku Letter C Desa (Protades), Kamis (15/9) di Hotel Dafam Wonosobo.

Di Wonosobo, lanjut Juni, sudah ada 10 desa yang memanfaatkan protades untuk menyimpan arsip letter c. Dari sepuluh, ada empat desa yang pelaksanaannya sudah tuntas. Sementara enam lainnya masih dalam proses. 

Baca Juga: Kapolres Magelang Kota Wakili Polda dalam Konferensi IAWP di Kanada

“Desa yang sudah tuntas protades Kreo Kecamatan Kejajar, Bojasari dan Surengede Kecamatan Kertek serta Kadipaten Kecamatan Selomerto. Enam desa yang baru dapat aplikasi Kapencar, Serang, Tambi, Banjar, Beji Arum dan Sudungdewa,” imbuhnya. 

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X