Pemkot Magelang Sepakat Kembalikan Lahan Kantor kepada TNI

- Rabu, 14 September 2022 | 17:14 WIB
Area kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan milik Kemenkeu yang menjadi lokasi kantor Pemkot Magelang yang baru, Rabu (14/9/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Area kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan milik Kemenkeu yang menjadi lokasi kantor Pemkot Magelang yang baru, Rabu (14/9/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Polemik tentang sengketa lahan kantor Pemerintah Kota Magelang yang diklaim milik Akademi TNI menemukan titik terang. Teranyar, Pemkot Magelang harus mengembalikan lahan berikut enam kantor organisasi perangkat daerah kepada Akademi TNI.

Dilansir dari laman Pemkot Magelang, kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang diteken Asisten Logistik Panglima TNI Haryono, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi, dan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Penekenan nota kesepahaman disaksikan langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Selain pengembalian eks Markas Komando Akademi ABRI itu, disepakati pula bahwa Akademi TNI menghibahkan gedung pertemuan Wiworo Wiji Pinilih kepada Pemkot Magelang.

Pemkot Magelang juga menerima hibah tanah dan bangunan dari Kemenkeu berupa kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (BPPK) di kawasan Alun-alun Kota Magelang. Aset dengan luas sekira 1,4 hektare ini disebut menjadi lokasi kantor Pemkot Magelang yang baru.

Baca Juga: Manfaatkan Lahan Kosong untuk Tambah Penghasilan

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono menturkan, lahan yang dikembalikan Pemkot Magelang kepada Akademi TNI seluas 4 hektare.

Turut diserahkan enam kantor OPD, antara lain Dinas Kesehatan, Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik.

Joko menyebut keenam OPD itu jadi satu kompleks dengan kantor Pemkot Magelang yang baru. Dengan luas lahan di BPPK yang kecil dibanding lahan milik Akademi TNI, dia bilang desain bangunan akan dibuat vertikal.

"Kemungkinan akan dibuat bangunan bertingkat. Menurut Perda, masih bisa sampai 15 lantai," kata dia, Rabu (14/9/2022).

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X