PMII Magelang Demo Kenaikan Harga BBM

- Senin, 12 September 2022 | 18:53 WIB
Suasana demonstrasi kenaikan harga BBM yang dilakukan PMII Magelang di kantor DPRD Kota Magelang, Senin (12/9/2022). (Suara Merdeka/Asef Amani)
Suasana demonstrasi kenaikan harga BBM yang dilakukan PMII Magelang di kantor DPRD Kota Magelang, Senin (12/9/2022). (Suara Merdeka/Asef Amani)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Magelang melakukan demonstrasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di kantor DPRD Kota Magelang, Senin (12/9/2022).

Pantauan Suara Merdeka, demonstrasi sempat berlangsung ricuh. Terjadi aksi saling dorong antarmahasiswa saat hendak masuk ke kantor DPRD Kota Magelang.

Koordinator aksi, Muhclis Andriyatmoko mengatakan, demonstrasi melibatkan 61 mahasiswa Universitas Tidar, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon Tempuran.

"Kami (melakukan demonstrasi untuk) merespons kebijakan harga BBM dan keadaan kita yang belum sepenuhnya pulih pasca pandemi, bantuan langsung tunai dari pemerintah dirasa tidak sepadan dengan biaya kebutuhan pokok dan akan menimbulkan gejolak lain," terangnya.

Baca Juga: Tumpah Ruah Penonton di Kirab Budaya G20 di Borobudur

PMII Magelang mengajukan tujuh tuntutan dalam aksi tersebut. Di antaranya mendesak Pemerintah Kota Magelang untuk meminta pemerintah pusat membuat aturan yang jelas tentang konsumen yang berhak membeli Pertalite tanpa menaikkan harganya.

Kemudian, meminta Pemkot Magelang membentuk tim khusus di semua SPBU Kota Magelang untuk mengawasi distribusi BBM yang sesuai sasaran, menaikkan upah minimum kota (UMK), dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat lewat usaha mikro, kecil, dan menengah.

Wakil DPRD Kota Magelang, Bustanul Arifin mengaku, pihaknya akan menyampaikan tuntutan PMII Magelang kepada pemerintah pusat.

Baca Juga: Korban Meninggal Kecelakaan Maut, Terima Santunan

"Karena ini (kenaikan harga BBM) kebijakan pemerintah pusat, kita hanya membantu menyampaikan aspirasi mereka," ucapnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X