Rayakan HUT ke-77 RI, RSUD Merah Putih Gelar Talkshow ELA & ERACS

- Kamis, 1 September 2022 | 16:17 WIB
Suasana gelar wicara bertema ELA dan ERACS di RSUD Merah Putih, Kamis (1/9/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Suasana gelar wicara bertema ELA dan ERACS di RSUD Merah Putih, Kamis (1/9/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

Masih dalam semarak HUT ke-77 Republik Indonesia, RSUD Merah Putih di Kabupaten Magelang merayakannya dengan mengadakan gelar wicara bertema perempuan dan prosesi kelahiran anak, Kamis (1/9/2022).

Bertajuk Kesehatan Jantung Wanita dan Persalinan Normal Minim Rasa Sakit/Epidural Labour Analgesia (ELA) serta Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS), gelar wicara itu mengundang sedikitnya 185 orang dari PKK, puskesmas, dan lembaga kesehatan lainnya.

Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati mengatakan, gelar wicara ELA dan ERACS bagian dari agenda rumah sakit untuk memperingati HUT ke-77 RI.

Sebelumnya dihelat pula kegiatan pelatihan Manajemen Pasien Pra Rumah Sakit dan sosialisasi Keselamatan Berkendara, Etika Berlalu Lintas bagi petugas ambulan, Selasa (30/8). Lain itu, kegiatan internal berupa lomba-lomba 17-an.

"Talkshow ini juga untuk memperkenalkan RSUD Merah Putih kepada masyarakat," ujar Leli.

Epidural Labour Analgesia adalah metode yang dilakukan dokter spesialis anestesi untuk mengurangi rasa nyeri pada pasien dengan cara memasukkan anestesi lokal ke dalam ruang epidural di tulang belakang.

Sedangkan Enhanced Recovery After Cesarean Surgery ialah teknik operasi cesar untuk mempercepat perawatan dan penyembuhan pada pasien. Khusus ERACS, Leli bilang pihaknya telah melayani metode ini sejak akhir tahun lalu.

Adapun dalam gelar wicara ELA dan ERACS melibatkan narasumber dari RSUD Merah Putih, yakni dokter kandungan Danu Lestariyanto dan dokter jantung Anindita Suputri.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X