PPKM Darurat, Penyembelihan Hewan Kurban di RPH dan Masjid dengan Prokes Ketat

- Kamis, 15 Juli 2021 | 14:48 WIB
SM/Asef F Amani - HEWAN QURBAN: Plt Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Magelang Abdurrasyid menjelaskan aturan penyembelihan hewan kurban pada momen Hari Raya Adha mendatang di hadapan peserta sosialisasi di Aula Adipura Kencana.
SM/Asef F Amani - HEWAN QURBAN: Plt Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Magelang Abdurrasyid menjelaskan aturan penyembelihan hewan kurban pada momen Hari Raya Adha mendatang di hadapan peserta sosialisasi di Aula Adipura Kencana.

MAGELANG, suaramerdeka-kedu.com - Pemkot Magelang menegaskan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) atau di masjid/musholla dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama dan SE Wali Kota Magelang dan pertimbangan Kota Magelang masih dalam zona orange.

Hal itu disampaikan Kabag Kesra Setda Kota Magelang, Hadi Sutopo saat memimpin sosialisasi penyembelihan hewan qurban pada momen Hari Raya Idul Adha di Aula Adipura Kencana kompleks kantor Wali Kota Magelang, Kamis (15/7).
 
 
Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur, Asisten Satu Kota Magelang, RPH Disperpa Kota Magelang, Plt Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Magelang Abdurrasyid, dan para takmir masjid.
 
"Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan edaran yang ada. Untuk teknis pelaksanaan dilakukan oleh Kementerian Agama yang akan didampingi gugus tugas Kota Magelang, TNI, dan polri. Sehingga penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan dengan baik ," ujarnya.
 
Asisten 1 Sekda Kota Magelang, Taufik Nurbakin mengutarakan, untuk menekan penularan covid19 di Kota Magelang akan dilakukan penyekatan diseluruh wilayah kota Magelang. Maka, untuk pelaksanaan Idul adha semua dilakukan di rumah.
 
"Untuk penyembelihan hewan kurban dilakukan di RPH. Untuk masjid dan musholla dapat melakukan penyembelihan, tapi dengan prokes ketat. Adapun untuk diinstasi pendidikan harus dilakukan di RPH, bukan di sekolah," katanya.
 
 
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang, Sofia Nur menyampaikan, Kementerian Agama akan melaksanakan SE Menag dan SE Wali Kota dengan melakukan monitoring ke tempat ibadah dan mendata jumlah hewan kurban.
 
Hal ini dilakukan agar dapat terlaksananya kegiatan pada hari Idul Adha nanti sesuai dengan surat edaran pemerintah baik itu Menag, wali kota, maupun Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah.
 
"Untuk itu kepada takmir masjid/panitia kurban agar dapat memberikan informasi kepada petugas-petugas Kemenag Kota Magelang yang melakukan sosialisasi dan edukasi, sehingga Kota Magelang benar-benar dapat melaksanakan PPKM Darurat dengan baik. Semua ini demi kebaikan bersama guna mencegah penularan Covid-19," tandasnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Plt Kasubbag TU Kemenag Kota Magelang, Abdurrasyid menjelaskan, di masa PPKM Darurat takbir dilaksanakan di rumah. Adapun di masjid dan musholla cukup oleh Nadin saja. Kemudian tidak ada sholat berjamaah di masjid atau di tempat lapang.
 
"Sholat Idul Adha di rumah saja. Untuk pelaksanaan kurban penyembelihan dilaksanakan di RPH. Jika dilaksanakan di masjid/musholla harus dengan ketentuan prokes, yaitu panitia Kurban tidak lebih dari enam orang agar tidak terjadi kerukunan. Kemudian endistribusian disampaikan oleh panitia kurban ke  penerima," paparnya. 

Editor: Jamiyatul Khoir

Tags

Terkini

Temanggung Akan Dijadikan Super Prioritas Pertanian

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:50 WIB

FGSNI Audiensi dengan Dirjen GTK Madrasah Kemenag

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:43 WIB

LAZISNU Kebumen Gelar Khitan Massal

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:30 WIB

DPMPTSP Kota Magelang Raih Predikat Sangat Baik

Jumat, 15 Oktober 2021 | 06:25 WIB

TPP PKK Kota Magelang Canangkan Pekan IVA Test

Jumat, 15 Oktober 2021 | 06:20 WIB

Merkuri Bikin Rugi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Peringati Maulid Nabi, Kali Ijo Ditanami Mangrove

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:25 WIB

100 Mahasiswa Fikes Unsiq Wonosobo di Wisuda

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:06 WIB

Ratusan Pelajar MAN 2 Magelang Disuntik Vaksin

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:03 WIB

Sepak Bola Api Ramaikan HSN 2021

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:00 WIB

27 Perpustakaan Ikuti Pra Penilaian Akreditasi

Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:55 WIB

Kejari Temanggung Kampanyekan Bijak Sosial Media

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:06 WIB
X