Unik, Kambing Berkaki Tiga di Purworejo

- Kamis, 15 Juli 2021 | 08:18 WIB
SM/Hafidz Kurnia - MENUNJUKKAN : Kepala Desa Kaligono, Suroto menunjukkan kambing ras Kaligesing miliknya yang memiliki keunikan hanya berkaki tiga di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing.
SM/Hafidz Kurnia - MENUNJUKKAN : Kepala Desa Kaligono, Suroto menunjukkan kambing ras Kaligesing miliknya yang memiliki keunikan hanya berkaki tiga di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing.
   

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Unik, bahkan bisa disebut aneh. Kambing di Purworejo miliki tiga kaki.

Kambing milik Suroto warga Padukuhan Sawahan, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing berkaki tiga, dua bagian depan dan satu di belakang

Sampai saat ini, kambing tersebut berusia lima bulan. Warnanya hitam putih, seperti kambing jawa pada umumnya.

Suroto yang juga menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Kaligono mengatakan sejak lahir memang sudah tidak normal dan memiliki keanehan sendiri.

Dari dua anak kambing yang lahir, hanya satu yang memiliki keanehan dari segi fisiknya yaitu pada bagian kaki belakang dan telur kelamin jantan sangklir atau besar sebelah.

"Pada saat lahir dua anak kambing yang satu normal yang satu hanya memiliki tiga kaki dan dari lahir memang seperti itu tidak ada kecelakaan, sebelumnya belum pernah ada, kalau induknya itu baru beranak pertama, kata Suroto, Rabu (14/7).

Menurutnya, adanya kecacatan pada anak kambing miliknya itu justru menjadi keunikan tersendiri, maka dirinya bertekad bahwa kambing unik miliknya akan tetap dipelihara untuk dijadikan peliharaan sendiri.

"Hingga saat ini saya belum punya keinginan untuk menjual dan justru akan saya buatkan kadang sendiri. Karena kambinya calon pejantan, walaupun cacat juga sehat dan lincah, untuk bentuk tubuh tetap bagus kepala hitam kupingnya juga bagus ," katanya.

"Ini untuk makan tetap biasa dan tidak ada gangguan meskipun ada cacat fisik," imbuh Suroto sambil menunjukan kegajilan pada kambingnya itu.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kapolres Magelang Kota Pimpin Upacara HUT Satpam Ke 42

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:37 WIB

Wartawan Suara Merdeka Juara Menulis Lingkungan

Senin, 30 Januari 2023 | 15:19 WIB

Read Aloud Magelang Resmi Dilaunching

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:55 WIB

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB
X