Kunjungi PT Gudang Garam, Bupati Minta Pabrik Naikin Harga

- Senin, 29 Agustus 2022 | 19:05 WIB
Bupati bertemu direktur PT Gudang Garam (SM/Dok)
Bupati bertemu direktur PT Gudang Garam (SM/Dok)

TEMANGGUNG, Suaramerdeka-kedu.com - Bupati HM Al Khadziq bersama perwakilan petani tembakau Temanggung, hari ini (29/8), berkunjung ke Kediri Jawa Timur bertemu para direktur dan general manajer PT Gudang Garam. Bupati menyampaikan permintaan petani tembakau Temanggung agar musim panen tahun ini tembakau Temanggung dibeli dengan harga tinggi karena biaya produksi menanam dan mengolah tembakaku semakin tinggi.

Di Kediri Bupati bertemu dengan direktur produksi PT Gudang Garam, Andik Wahyudi, Direktur Pengolahan Slamet Budiyono, dan General Manager Penerimaan Bahan Baku Anton. Ikut mendampingi Bupati para pemgurus Asosiasi Petani Tembakau Temamggung Wirawan, Siyamin, Yamuhadi, Kades Tempelsari Tretep Syarif Hidayat, dan perwakilan petani Gunung Sumbing Suparlan dari Cepit Pagergunung.

Kepada Direktur PT Gudang Garam bupati menyampaikan biaya tanam dan biaya pengolahan tembakau tahun ini naik berlipat ganda akibat cuaca yang berubah-ubah. Oleh sebab itu bupati minta pabrikan membeli tembakau Temanggung dengan harga tinggi supaya para petani bukan saja bisa menutup biaya produksi, tetapi juga agar mendapatkan keuntungan ekonomi.

Disampaikan bahwa produksi tembakau Temanggung tahun 2022 mengalami penurunan akibat perubahan iklim. Diperkirakan tahun ini produksi hanya sekitar 8 sampai 10 ribu ton tembakau kering. Bupati meminta pihak pabrikan untuk membeli habis tembakau Temanggung pada musim panen ini. Juga meminta agar PT Gudang Garam menghargai tinggi Tembakau Temanggung sesuai dengan kualitasnya yang tinggi.

Direktur Produksi PT Gudang Garam Andik Wahyudi memyampaikan komitmen perusahaannya untuk selalu menjaga hubungan dan kepercayaan dengan petani Temanggung, meski industri rokol kretek akhir-akhir ini mengalami kesulitan akibat kenaikan cukai rokok dan berbagai pembatasan aturan kesehatan.

Direktur Pengolahan Gudang Garam, Slamet Budiyono sepakat agar harga jual tembakau tinggi maka semua pihak perlu sama-sama berkomitmen menjaga kualitas. "Saya sepakat, kalau kita menginikan harga tinggi maka kita harus menjaga kualitas," katanya.

Disampaikan, perwakilan PT Gudang Garam di Temanggung tahun ini rencananya akan membeli tembakau dengan kuota seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sekitar 15 ribu ton. Rencana pembelian di gudang perwakilan Temanggung akan dimulai tanggal 2 September ini.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPU Temanggung Tetapkan 6 Dapil Pemilu 2024 Mendatang

Senin, 28 November 2022 | 18:40 WIB

3 Anggota Keluarga Tewas di Magelang, Dugaan Diracun

Senin, 28 November 2022 | 15:39 WIB

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB
X