Jejak "Sambo" yang Lain di Magelang

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 18:04 WIB
Plang yang menunjukkan arah Dusun Sambo di Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kamis (25/8/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Plang yang menunjukkan arah Dusun Sambo di Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kamis (25/8/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Jauh dari ribut-ribut di Jakarta soal kasus Irjen Ferdy Sambo, ada warga Kabupaten Magelang kebingungan. Bukan soal drama pembunuhannya terhadap Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, melainkan kata Sambo yang viral.

Sambo, dalam semesta eks Kepala Divisi Propam Mabes Polri itu, ialah marga asal suku Toraja. Dia diketahui lahir di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Sedangkan Sambo di Kabupaten Magelang merupakan nama sebuah dusun.

Di Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, tepatnya, Dusun Sambo berada. Kuwato (56), Sekretaris Desa Podosoko, mengaku bingung nama dusunnya muncul di berbagai media pemberitaan.

"Setahu saya S-A-M-B-O hanya dusun saya, tapi kok muncul tulisan ini di televisi," ujar Kuwato, Kamis (25/8/2022).

"Apakah Ferdy Sambo berasal dari (Dusun) Sambo?" tanya dia. Jawabannya hampir pasti tidak. Kuwato pun menegaskan tidak ada warga di Dusun Sambo bekerja sebagai polisi. Kebanyakan mereka menjadi petani dan pedagang.

Baca Juga: Lewat IoT, Kebun Klengkeng di Magelang Tersiram Otomatis

Wirasambo Kabur

Sejarah Dusun Sambo konon diawali oleh seorang musafir bernama Wirasambo. Kuwato menuturkan pada masa kolonialisme Belanda, sekira abad ke-18, Wirasambo kabur dari Kasunanan Surakarta lantaran menolak tunduk pada Belanda. Wirasambo disebut jadi prajurit kerajaan kenamaan itu.

Tibalah Wirasambo di tempat antah-berantah. Singkat cerita, tempat itu dinamai Wirasambo. Dia diyakini sebagai orang pertama yang mendiami wilayah tersebut. Kemudian, dia mengubah namanya menjadi Wikana.

"Saya juga keturunan dari Kyai Wikana. Semua yang asli di Sambo keturunan Kyai Wikana," tutur Kuwato yang merupakan generasi ke-8 Kyai Wikana.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB

Karyawan Artos Mall Ikuti Simulasi Kebakaran

Jumat, 30 September 2022 | 18:47 WIB
X