Lewat IoT, Kebun Klengkeng di Magelang Tersiram Otomatis

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:47 WIB
Direktur Bumdes Wringinputih Rizal Arif Windriatmoko. (Dokumentasi Smart Village Kemendes PDTT)
Direktur Bumdes Wringinputih Rizal Arif Windriatmoko. (Dokumentasi Smart Village Kemendes PDTT)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Badan Usaha Milik Desa Wringinputih di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang menerapkan teknologi Internet untuk Segala (IoT) untuk menyiram kebun klengkeng. Cukup lewat ponsel pintar, kebun klengkeng tersiram otomatis.

Penerapan projek IoT pada kebun yang dikelola Bumdes Wringinputih itu dikembangkan melalui program Smart Village dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Kemendes PDTT juga bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

''Yang mengerjakan adalah tim dari UNS dan komunitas digital Desa Wringinputih, dimulai membuat prototype dan menguji coba sistemnya. Semua ini terus dikembangkan dan akan menjadi unit usaha bumdes khusus untuk produk IoT pertanian dan perkebunan," kata Duta Digital Smart Village Kemendesa PDTT, Sholahuddin AA, dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8/2022).

Sholahuddin menuturkan Desa Wringinputih merupakan satu dari 15 desa di Magelang yang menjadi bagian dari percontohan Smart Village.

Baca Juga: Dukung G20 di Candi Borobudur, UP3 PLN Magelang Inspeksi Jaringan Listrik

Dia menjelaskan sistem penyiraman otomatis berbasis IoT dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino Uno sebagai sistem kontrol dan NodeMCU sebagai pengirim data antara sistem ke web server.

Saat ini belum menggunakan web server sendiri, tapi via server telegram. Intruksinya menggunakan kode angka yang dikirim ke chat telegram, kemudian dibaca sistem dan secara otomatis kebun akan tersiram melalui instalasi pipa yang sudah didesain di kebun.

"Ini (teknologi IoT) baru kita simulasikan di satu petak seluas setengah hektar, nanti akan dikembangkan dikebun klengkeng lainnya yang lebih luas,'' kata Direktur Bumdes Wringinputih, Rizal Arif Windriatmoko.

Rizal mengatakan kebun klengkeng yang ia kelola bagian dari agrowisata petik buah klengkeng. Dengan adanya fasilitas IoT, dia bilang wisatawan bakal mendapatkan pengalaman berwisata di perkebunan modern.

Baca Juga: Lewat Cethok, Partiman Memburu Grand Master Pijat

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

SMA N 3 Magelang Kini Miliki Layanan Digitalisasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:30 WIB

'Symphony Rindu' ala Ketep Summit Fest Digelar Besok

Kamis, 1 Desember 2022 | 09:00 WIB

Gebyar Literasi Matansa Songsong HAB Kemenag

Rabu, 30 November 2022 | 15:57 WIB

MTs 1 Kebumen Rebut 1.168 Medali di Event MIO

Rabu, 30 November 2022 | 15:54 WIB

Pemuda Desa Nampudadi Dilatih Jurnalistik

Rabu, 30 November 2022 | 15:52 WIB
X