35 Sukarelawan PMI Dilatih Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat

- Senin, 15 Agustus 2022 | 15:09 WIB
Peserta antusias mengikuti pelatihan fasilitator pertolongan pertama berbaais masyarakat di Aula PMI Kebumen,Jumat (12/8). (SM/Arif Widodo)
Peserta antusias mengikuti pelatihan fasilitator pertolongan pertama berbaais masyarakat di Aula PMI Kebumen,Jumat (12/8). (SM/Arif Widodo)

KEBUMEN, suaramerdeka-kedu.com - Sebanyak 35 sukarelawan
Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen mengikuti pelatihan fasilitator pertolongan pertama berbaais masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis - Sabtu (11 - 13/8) di Ruang Aula Markas PMI Kebumen itu disambut antusias peserta dengan mendapat dukungan penuh dari Japanase Red Cross Society (JRCS).

Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto yang membuka pelatihan tersebut meminta peserta tidak bosan dengan materi yang sudah pernah diterima sebelumnya. Terutama sukarelawan dari unsur anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Kali ini materi pelatihan disampaikan narasumber Edi Purwanto dan Akbar Habib dari PMI Provinsi Jawa Tengah. "Yakinlah ini sebagai bentuk ikhtiar untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kapasitas kita sebagai relawan yang mengemban amanah dana kemanusiaan," kata Sabar.

Baca Juga: Atjong Tio Raih Catatan Waktu Tercepat

Nantinya, lanjut Sabar, setelah kegiatan pelatihan usai, para sukarelawan harus menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat yang terkena bencana. "Tentunya kalian dapat memberikan penanganan-penanganan yang tepat, tidak grusa-grusu (tergesa-gesa),” imbuhnya.

Para peserta dibekali materi di antaranya cidera jaringan lunak, bantuan dasar hidup, cidera otot rangka, perdarahan dan syok, anatomi dan faal dserta kegawatdaruratan medis.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Dariman menyampaikan testimoninya setelah mengikuti pelatihan di hari pertama. "Kami merasa senang. Yang jelas dalam pelatihan ini kami mendapatkan kesempatan belajar kembali terkait pertolongan pertama," ujar Dariman.

Diharapkan, ilmu yang diterima dari keikutsertaannya dalam latihan tersebut bisa bermanfaat dan dapat ditularkan kepada orang lain untuk membantu sesama yang terkena bencana. (K5)

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB

Karyawan Artos Mall Ikuti Simulasi Kebakaran

Jumat, 30 September 2022 | 18:47 WIB
X