Sejumlah Umat Buddha Gelar Puja Bakti di Candi Ngawen

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:32 WIB
Umat Buddha yang tergabung dalam Majelis Umat Nyingma Indonesia melakukan puja bakti di Candi Ngawen, Kamis (11/8/2022) sore. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Umat Buddha yang tergabung dalam Majelis Umat Nyingma Indonesia melakukan puja bakti di Candi Ngawen, Kamis (11/8/2022) sore. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Sejumlah umat Buddha yang tergabung dalam Majelis Umat Nyingma Indonesia (MUNI) melakukan puja bakti di Candi Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kamis (11/8/2022).

Mereka tampak khidmat mendengarkan ujaran-ujaran kitab dari pimpinan ritual. Ketua MUNI, Lama Rama menuturkan, kegiatan sore itu untuk memohon perdamaian di dunia dan dijauhkan dari peperangan.

Candi Ngawen dipilih sebagai lokasi puja bakti, Rama bilang lantaran menggambarkan Lima Dhyani Buddha—lima tokoh yang menyimbolkan Adibuddha, sosok sebelum Siddharta Gautama. Yakni Amogasiddhi, Aksobhya, Ratnasambhava, Amitabha, dan Vairocana.

Baca Juga: Sejumlah Umat Buddha Perdana Rayakan Waisak di Candi Borobudur

"Kami membuat suatu puja untuk membangkitkan Buddha-buddha itu (Lima Dhyani Buddha) untuk melindungi dunia ini agar dijauhkan dari semua peperangan," kata Rama.

Sebelumnya MUNI pernah melakukan puja bakti di Candi Pawon pada momen Waisak, 16 Mei lalu.

Rama berujar Candi Pawon dan Candi Ngawen sengaja dipilih untuk puja bakti demi mengenalkan kedua bangunan itu kepada para jemaat. Jadi, tak hanya di Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X