Penyandang Netra Ikuti Lomba, Meriahkan HUT Ke 77 RI

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Kristin tuna netra bersama temannya sedang mengikuti lomba tercepat di lintasan Sisir Rindu (SM/Riki Diswantoro)
Kristin tuna netra bersama temannya sedang mengikuti lomba tercepat di lintasan Sisir Rindu (SM/Riki Diswantoro)

TEMANGGUNG, Suaramerdeka-kedu.com - Penyandang Disabilitas Netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra "Penganthi" Kabupaten Temanggung mengikuti lomba dalam memeriahkan HUT RI ke 77.

Seperti penyandang netra asal Wonoboyo Temanggung Kristin(22) ikuti lomba tercepat melintasi 17 track Sisir Rindu (Sirkuit Orientasi Mobilitas Terpadu) yang dibuat berdasarkan medan-medan disesuaikan dengan alam sekitar.

Ia menjadi salah satu yang tercepat diantara 70 teman-temannya yang senapis dengannya. Kristin menceritakan meskipun kesulitan melewati track tanjakan, namun ia sudah hafal dengan medan yang ada karena dia sering berlatih. "Disini saya sudah 3 tahun, sering berlatih tiap minggu, dengan adanya lomba ini jadi semangat, kalah sudah biasa menang ya alhamdulilah." Tuturnya, Rabu,(10/08).

Pembimbing Rehabilitasi Penganthi Totok Mulyanto mengatakan selain menumbuhkan rasa nasionalisme dan sportivitas kegiatan ini sekaligus menumbuhkan kemandirian bagi penyandang netra.

"Tagline kami "Datang di Antar pulang Harus Sendiri", lulusan kami ada yang berangkatnya diantar, belajar kurang lebih 2-3 tahun dia pulang sendiri menggunakan fasilitas umum," tuturnya.

Menurutnya pembuatan Sisir Rindu di Panti Pelayanan ini sudah disesuaikan dengan situasi alam sekitar, baik kondisi di pedesaan dan perkotaan. "Karena yang datang di sini ada yang dari kota dan desa jadi kami sesuaikan, agar bisa lebih mendalami nanti bisa lebih berperan aktif dalam bermasyarakat." Katanya.

Totok menyebutkan saat ini di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra "Penganthi" ada 100 penyandang netra, dari 50% mereka tidak bisa melihat total. "Penyebabnya macam-macam yang datang ke sini ada yang terkena dari lahir, karena penyakit glaukoma, radiasi, jatuh dari pohon, kecelakaan," jelasnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X