BPBD Kota Magelang Latih Karyawan Telkom Tanggap Bencana

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Simulasi penanganan korban kecelakaan yang dilakukan karyawan Telkom Witel Magelang. (Istimewa)
Simulasi penanganan korban kecelakaan yang dilakukan karyawan Telkom Witel Magelang. (Istimewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Magelang memberikan pelatihan tanggap bencana kepada Telkom Witel Magelang, Rabu (10/8/2022). Kegiatan ini guna kesiapsiagaan para karyawan saat terjadi bencana alam atau kecelakaan di lingkungan kerja.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian mengatakan, pelatihan perlu dilakukan secara rutin untuk membiasakan masyarakat tanggap bencana. Tidak hanya di kantor Telkom, tapi juga diadakan di tempat-tempat kerja lainnya.

"Kami terbuka dengan instansi manapun untuk hadir memberikan sosialisasi dan pelatihan. Tujuannya agar kita sama-sama siap menghadapi bencana di lingkungan kerja," ujarnya, Rabu.

Baca Juga: 597 Nakes di Magelang Mulai Disuntik Vaksin Penguat Dosis 2

Pelatihan dipimpin oleh salah satu instruktur, Suyono. Pelatihan dilakukan dua kali pertemuan, pertama disampaikan materi dan sosialisasi serta pertemuan kedua diisi praktik simulasi penanganan bencana gempa.

Pelatihan diikuti seluruh karyawan PT Telkom Magelang. Karyawan dilatih evakuasi ketika terjadi gempa, termasuk berlatih penanganan korban.

General Manager PT Telkom Witel Magelang, Mustadi mengutarakan, pelatihan dan simulasi itu untuk mempersiapkan audit terkait keselamatan kerja. Adapun dalam setahun dilakukan audit internal tiga kali dan audit eksternal satu kali.

Baca Juga: BPBD Wonosobo Siap Cetak Relawan Peduli Bencana Handal

"Kita ingin karyawan siap menghadapi situasi darurat, seperti gempa bumi. Maka, dibutuhkan pelatihan dari pakarnya agar mereka memahami betul teori dan praktiknya di lapangan. Kami harap pelatihan dapat rutin diadakan, sehingga kita bisa siaga," tuturnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X