BPJS Ketenagakerjaan Sasar Pelaku UMKM untuk Ikut Jamsostek

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:45 WIB

MAGELANG, SUARA MERDEKA - BPJS Ketenagakerjaan memfokuskan pekerja yang tergolong Bukan Penerima Upah (BPU) menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek). Termasuk di dalamnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono mengatakan, berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, tercatat 1.971 pelaku UMKM Kota Magelang dengan potensi 3.510 tenaga kerja per semester I tahun 2022.

Budi menyebut pihaknya akan menyosialisasikan pelaku UMKM agar menjadi peserta jamsostek. Sebab, menurut dia, jumlah pekerja sektor tersebut relatif kecil pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: 200 Pemandu Rafting di Magelang akan Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Usaha sosialisasi itu salah satunya dilakukan saat BPJS Ketenagakerjaan Magelang berpartisipasi dalam Magelang Craft Expo, 5 sampai 7 Agustus 2022 lalu. Budi mengungkapkan ada 30 pekerja BPU yang mendaftar program jamsostek pada acara itu.

"Artinya jika BPJS Ketenagakerjaan mau melakukan jemput bola kepada peserta, cakupan kepesertaan semesta bagi tenaga kerja akan dapat dicapai dan seluruh tenaga kerja ter-cover jamsostek," terang Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X