Calon Pekerja Migran Diminta Hindari Calo, Agar Kejadian Kamboja Tidak Terulang

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:04 WIB
Puluhan CPMI dari Kabupaten Purworejo mengikuti sosialisasi dan pembekalan di aula Dinperinaker Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Puluhan CPMI dari Kabupaten Purworejo mengikuti sosialisasi dan pembekalan di aula Dinperinaker Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) khususnya dari Kabupaten Purworejo diminta untuk menghindari calo dalam pemberangkatan bekerja keluar negeri.

Para calon pekerja migran diminta untuk langsung berkoordinasi melalui dinas terkait dalam proses pemberangkatan agar kejadian penyekapan tenaga kerja migran dari Indonesia di Kamboja tidak terulang.

Belakangan puluhan WNI menjadi korban dugaan perdagangan manusia ke Kamboja karena mengikuti rekrutmen tenaga kerja yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada.

Hal itu mengemuka dalam sosialisasi dan pembekalan bagi CPMI oleh Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinperintransnaker) Purworejo di aula kantor setempat, Rabu (3/8).

Pujiono selaku narasumber dalam sosialisasi sekaligus Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) UPT Semarang wilayah Jawa Tengah mengatakan bahwa pekerja migran ini adalah pahlawan devisa yang harusnya dihormati oleh negara.

Oleh karena itu pekerja migran harus mendapat perlindungan lebih karena selama ini rawan terjadi pelanggaran.

"Dulu dianggap pekerja rendahan, sekarang kompeten, profesional, seperti di jepang, jerman, polandia dan yang lain. Jadi sekarang tidak usah khawatir disebut pekerja rendahan," terangnya pada sela-sela sosialisasi.

Menurutnya, terjadi perubahan fundamental mengenai tata kelola perlindungan pekerja migran indonesia saat ini.

Amanat UU nomor 18 tahun 2017 adalah undang-undang yang sangat progresif dan sesuai dengan kebutuhan para pekerja migran.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kader PDIP Adakan Jajan Bareng Narisqa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:56 WIB

Piala Kasad Liga Santri di Yogyakarta Resmi Dimulai

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:06 WIB

APBD Temanggung Tahun 2023 Akan Devisit 80,6 Miliyar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB

Mayat Bersimbah Darah Ditemukan Warga Kentengrejo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:49 WIB

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Akhirnya Terisi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:44 WIB

Mancing Bareng Jadi Wahana Edukasi Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jelang Panen Raya Tembakau, Petani Gelar Ruwat Rigen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:00 WIB
X