Jelang Peringatan Kemerdekaan Ke-77, Pelajar Cuci 3 Ribu Bendera Bersama

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Pelajar SMK Mhipha Parakan Temanggung mencuci bendera merah putih (SM/Riki Diswantoro)
Pelajar SMK Mhipha Parakan Temanggung mencuci bendera merah putih (SM/Riki Diswantoro)

TEMANGGUNG, Suaramerdeka-kedu.com - Sebagai generasi muda terpelajar yang menghormati jasa pahlawan kemerdekaan, sebanyak 3432 pelajar tingkat SD, SMP, dan SMK se Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung serentak mencuci bendera merah putih bersama di Taman Kota Bambu Runcing.


Seperti yang disampaikan siswa SMK Bhumi Phala Parakan Naftalia Jingga mencuci bendera merah putih bersama kali ini sebagai bentuk penghormatan dan kekagumannya terhadap sosok ibu negara pertama Fatmawati yang menjahit bendera pusaka setelah Indonesia dinyatakan merdeka.


Sementara Kepala Sekolah SMK Bhumi Phala S. Purwantono sebagai inisiasi kegiatan yang juga sekaligus memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 yang diambil dari tagline nasional Pulih Lebih Cepat Bangkit lebih kuat. "kita perkecil lagi menjadi "Sekolah Pulih Negara Bangkit" hampir tiga tahun sekolah terdampak pandemi maka kami harus mensinergikan kekuatan pelajar," kata S. Purwantono, Kamis,(04/08).


Menurutnya bendera sebagai identitas negara harus dijaga, karena kemerdekaan tidak perlu dicari. "Kami hanya perlu merawat dari yang paling kecil, mencuci bendera sehingga menanamkan jiwa patriotisme yang akan membentuk profil pelajar pancasila nantinya," tuturnya.

Air 7 sumber untuk mencuci dari jajaran Forkopimda Temanggung (SM/Riki Diswantoro)


Bagi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo mengatakan kegiatan ini sebagai penyemangat untuk mengingat perjuangan para pemimpin di dalam merebut kemerdekaan. "Ini menjadi awal pendidikan karakter, paling tidak anak-anak akan mengingat perjuangan pahlawan, tentu ini bukan hanya sebagai kegiatan ceremony, namun sekaligus menumbuhkan jiwa patriotisme sejak dini," katanya.


Sementara Wakil Komisi A DPRD Temanggung Fraksi PDIP Riyadi Kaunaen menyebut dengan memahami sejarah anak-anak akan tumbuh semangat nasionalisme yang tinggi.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kader PDIP Adakan Jajan Bareng Narisqa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:56 WIB

Piala Kasad Liga Santri di Yogyakarta Resmi Dimulai

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:06 WIB

APBD Temanggung Tahun 2023 Akan Devisit 80,6 Miliyar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB

Mayat Bersimbah Darah Ditemukan Warga Kentengrejo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:49 WIB

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Akhirnya Terisi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:44 WIB

Mancing Bareng Jadi Wahana Edukasi Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jelang Panen Raya Tembakau, Petani Gelar Ruwat Rigen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:00 WIB
X