Rp 17 Miliar Dialokasikan Untuk Pemeliharaan Jalan, Warga Bisa Lapor Jalan Rusak Lewat Aplikasi

- Senin, 25 Juli 2022 | 07:15 WIB
Proses pemeliharaan jalan di ruas jalan Tridadi-Pucungroto, Kecamatan Loano (SM/Dok)
Proses pemeliharaan jalan di ruas jalan Tridadi-Pucungroto, Kecamatan Loano (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Masyarakat di Kabupaten Purworejo bisa melaporkan jalan rusak ke Dinas PUPR melalui aplikasi Jalan Aman. Anggaran sebanyak Rp 17 miliar telah dialokasikan oleh pemerintah untuk pemeliharaan jalan di wilayah Kabupaten Purworejo. Dalam kurun waktu 24 jam setelah ada laporan masuk, pihak dinas melalui UPT setempat akan segera melakukan tindak lanjut.


"Terkait dengan keluhan masyarakat pengguna jalan, sebelumnya kita kan sudah punya aplikasi Jalan Aman, jadi masyarakat bisa akses kesitu, tentu nanti segera akan ditindaklanjuti oleh UPT," jelas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo, Suranto saat ditemui di kantornya, Kamis (21/7).


Lebih lanjut, dikatakan, untuk penanganan pemeliharaan jalan wilayah Kabupaten Purworejo dilaksanakan oleh UPT di wilayah masing-masing. Pemeliharaan rutin ini sifatnya hanya menjaga kondisi jalan agar bisa dilalui oleh pengguna jalan dengan aman.


"Untuk pemeliharaan rutin anggaran murni kita dialokasikan Rp 17 Miliar, satu tahun. Di Aplikasi Jalan Aman itu kalau ada laporan kerusakan jalan, sesuai SOP dalam waktu 24 jam ada tindak lanjut pemeliharaan rutin," terangnya.

Baca Juga: Dugaan Klitih di Salaman, Ini Kata Polres Magelang


Salah satu laporan yang masuk soal kerusakan jalan adalah ruas jalan Tridadi-Pucungroto, Kecamatan Loano.

"Ini UPT wilayah Loano sudah bergerak, itu dimensi (lubang) sekitar 1,5 meter, panjangnya 3 meter, itu ambles ya, itu sudah kita tangani, kita menggunakan lapis pondasi kemudian lapis permukaannya kita gunakan beton. Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan pelaksanaan perbaikan jalan yang bersifat kontraktual ini kami sudah 80 persen berkontrak, sehingga harapannya di akhir tahun ini tidak terjadi hambatan, dan bisa terselesaikan," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, sudah ada beberapa paket kegiatan yang saat ini sedang diusulkan oleh Dinas PUPR ke Barjas untuk segera dilelangkan. "Mudah-mudahan tidak terjadi gagal lelang atau lelang ulang sehingga target waktu bisa terselesaikan di tahun 2022 ini," tandasnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X