Gunung Tidar Ramai, DPRD Nilai Perlu Lahan Parkir Baru

- Jumat, 22 Juli 2022 | 13:49 WIB
SM/Asef Amani - SELAMATAN: Sejumlah pemerhati, pencinta, dan pelestari Gunung Tidar turut dalam selamatan Ruwat Rawat Tugu Sa sebagai tanda dimulainya proses pengembalian Tugu Sa ke bentuk semula, Rabu (12/1).
SM/Asef Amani - SELAMATAN: Sejumlah pemerhati, pencinta, dan pelestari Gunung Tidar turut dalam selamatan Ruwat Rawat Tugu Sa sebagai tanda dimulainya proses pengembalian Tugu Sa ke bentuk semula, Rabu (12/1).

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Anggota DPRD Kota Magelang dari Komisi B, Waluyo menilai, perlu altenatif lahan parkir untuk pengunjung objek wisata Kebun Raya Gunung Tidar.

Sebab, menurut dia lahan yang tersedia sangat terbatas dan sering tidak mampu menampung kendaraan pengunjung.

"Gunung Tidar ini makin diminati pengunjung yang tak hanya ingin berziarah, namun juga berwisata alam sambil berolahraga. Tapi, sayang tempat parkirnya terbatas," ujarnya, Jumat (22/7/2022).

Politisi Partai Demokrat itu menyebut Pemerintah Kota Magelang bisa menyediakan lahan parkir di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya samping Samsat Drive Thru Kota Magelang.

Baca Juga: Gardu Pandang dan Monumen Tanah Air Daya Tarik Baru Gunung Tidar

Lahan itu sejatinya akan dipakai untuk Pasar Induk, tetapi belum terealisasi karena masalah biaya.

"Dari pada lahan itu nganggur, kami mendorong Pemkot dapat memanfaatkannya. Agar pengunjung Gunung Tidar tak kerepotan menuju ke tujuan wisata, Pemkot bisa memberdayakan para sopir angkot sebagai pengantarnya," ucapnya.

Waluyo juga mengusulkan lahan lain, yakni di depan Gunung Tidar atau Jalan Jenderal Sudirman. Dia mengklaim ada lahan seluas 4.500 meter persegi di sana sedang dijual.

Baca Juga: Wujud Baru Tugu Sa di Gunung Tidar Tuai Kontroversi

Sementara, Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar, Yhan Noercahyo menuturkan, lahan di Jalan Soekarno Hatta cocok untuk titik masuk wisata. Namun, kata dia, dari sana bisa diarahkan ke tempat wisata lain dalam kemasan paket wisata.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X