Tata Bentang Pandang Borobudur, Kemenkominfo Pangkas Ketinggian 22 Menara BTS

- Kamis, 14 Juli 2022 | 14:02 WIB
Menkominfo Johnny G Plate (pegang mikropon) saat jumpa pers di Candi Borobudur, Kamis (14/7/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Menkominfo Johnny G Plate (pegang mikropon) saat jumpa pers di Candi Borobudur, Kamis (14/7/2022). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKAKementerian Komunikasi dan Informatika akan memangkas ketinggian 22 menara Base Transceiver Station (BTS) pada radius 5 kilometer dari Candi Borobudur. Sebab, ketinggiannya melebihi tinggi teras Arupadhatu atau 283 meter di atas permukaan laut.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menuturkan, pemangkasan ketinggian itu bagian dari penataan bentang pandang Candi Borobudur.

Sebanyak 22 menara BTS atau menara telekomunikasi akan dipangkas ketinggiannya dengan tidak melebihi tinggi Arupadhatu.

"Ketinggian menara yang ada saat ini bermacam-macam. (Karena) dulu membangun menara pertimbangan utamanya adalah teknis telekomunikasi, bukan ketinggian dan keindahan kawasan candi," katanya saat kunjungan kerja di Candi Borobudur, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Sebagian Wilayah Borobudur Uji Coba Car Free Night Pekan Ini

Johnny menyatakan pemangkasan, atau dia menyebutnya penataan ulang, akan tetap memperhatikan pada kualitas layanan telekomunikasi.

Ketua Kelompok Kerja Warisan Dunia Balai Konservasi Borobudur, Yenny Supandi menerangkan, lanskap visual atau bentang pandang di kawasan Borobudur adalah pemandangan sekitar yang dilihat dari Candi Borobudur atau pemandangan Candi Borobudur dari kawasan sekitarnya.

Yenny menyebut bentang pandang harus dilindungi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden 58/2014 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Borobudur dan Sekitarnya, karena merupakan salah satu variabel dari lanskap budaya Borobudur.

"Ketika kita berdiri di puncak candi, misalnya di lantai 7 (Arupadhatu), kita melihat ke sekitar cukup banyak visual atau objek yang menganggu pemandangan indahnya (Candi Borobudur)," ujarnya.

Baca Juga: DLH: KemenPUPR Tidak Koordinasi Soal Kotak Sampah di Borobudur

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X