Mudahkan Pengantin Dapat Identitas Baru, Disdukcapil Rilis Duta Kita

- Senin, 11 Juli 2022 | 18:09 WIB
Ilustrasi pengantin. (Pexels/TranStudios)
Ilustrasi pengantin. (Pexels/TranStudios)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magelang merilis program Dua Tanda Ikatan Cinta untuk memudahkan pasangan pengantin mendapatkan identitas kependudukan usai pernikahan.

Program yang disingkat Duta Kita itu, kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Magelang Edi Susanto, utamanya untuk meningkatkan pembangunan pangkalan data (database) kependudukan yang valid.

Lewat Duta Kita, calon pengantin cukup mendaftarkan pernikahannya di kantor urusan agama setempat. Dokumen KK dan KTP dengan status baru akan dikirim ke alamat yang tercantum di KK. Program inipun bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Sebagian Wilayah Borobudur Uji Coba Car Free Night Pekan Ini

"Inovasi Duta Kita ini berangkat dari permasalahan bahwa penduduk yang melaksanakan pernikahan tidak segera memiliki data/identitas kependudukan sesuai statusnya yang baru," jelas Edi dalam keterangan tertulis Pemerintah Kabupaten Magelang, Senin (11/7/2022).

Menurut Edi masalah yang dihadapi pasangan baru itu lantaran kesulitan dalam mengurus dan melaporkan perubahan statusnya, keterbatasan waktu untuk melakukan perubahan status, kurangnya kesadaran penduduk hingga masalah geografis.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Ratusan Suporter Wonosobo Gelar Doa Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Doa dari Magelang untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:48 WIB
X