Tingkat Perceraian di Kota Magelang Tertinggi se-Jateng

- Minggu, 10 Juli 2022 | 19:41 WIB
Kepala PA Magelang Septianah (dua dari kiri) dan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menunjukkan nota kerja sama pencegahan perceraian. (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)
Kepala PA Magelang Septianah (dua dari kiri) dan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menunjukkan nota kerja sama pencegahan perceraian. (Dokumentasi Prokompim Kota Magelang)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Tingkat perceraian di Kota Magelang mencapai 2,66 persen. Angka ini menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri pada 2021.

Ketua Pengadilan Agama (PA) Magelang, Septianah mengatakan, angka perceraian di Kota Tidar lebih besar dari rata-rata Provinsi Jawa Tengah sebesar 1,92 persen. Bahkan, mengalahkan Kota Semarang (2,5 persen) dan Surakarta (2,48 persen).

"Perkara yang masuk di PA Magelang didominasi cerai gugat, di mana pihak perempuan atau istri yang menggugat suaminya. Banyak hal yang melatarbelakanginya, seperti merasa tidak dinafkahi, karena pihak suami kehilangan pekerjaan, selingkuh, dan lainnya," terangnya, beberapa waktu lalu.

Demi mencegah perceraian semakin bertambah, PA Magelang membuat aplikasi WhatsApp mandiri (Awam). Lewat Awam, pengajuan gugatan cerai atau cerai talak bisa berkonsultasi lebih dulu dengan para mediator di PA Magelang.

Baca Juga: PKK Kota Magelang Ajak Anggota Miliki Jamsostek

"Mediator akan berupaya keras untuk mendamaikan para pemohon supaya tidak jadi cerai," ujar Septianah.

Menurut Septianah selama satu semester di tahun 2022, jumlah pengajuan perkara cerai menurun drastis, sekira 0,19 persen.

Kendati, dia bilang angka itu masih tinggi bila dilihat dari jumlah penduduk, yakni mencapai 120 perkara selama enam bulan terakhir.

"Tapi kalau dibandingkan tahun 2021 lalu yang mencapai 1.700-an perkara dalam setahun, atau sekitar 800-an perkara dalam satu semester, tahun ini penurunnya sangat drastis," jelas dia.

Baca Juga: 276 Anak Tidak Sekolah Kembali Meneruskan Pendidikan

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X