4 Upaya Pemkot Magelang Dukung Program Magelang Agamis

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:36 WIB
Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Magelang saat pencanangan Kampung Religi di Kampung Ganten, Kelurahan Jurangombo Selatan. (Dokumentasi Pemerintah Kota Magelang)
Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Magelang saat pencanangan Kampung Religi di Kampung Ganten, Kelurahan Jurangombo Selatan. (Dokumentasi Pemerintah Kota Magelang)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Sejumlah kegiatan untuk mendukung Program Magelang Agamis (Programis) telah dilakukan Pemerintah Kota Magelang.

Setidaknya ada empat upaya untuk mendukung program rintisan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur ini.

Analis Kebijakan Ahli Muda Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Magelang, Tri Adi Nuswantara menerangkan, upaya pertama dengan membentuk Kampung Religi yang kini telah tersebar di 17 kelurahan di Kota Magelang.

Kemudian pemberian insentif bagi tenaga keagamaan, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, maupun Buddha.

"Kita berikan insentif Rp100.000 per orang untuk tenaga keagamaan yang sesuai perundangan-undangan, seperti guru TPQ, marbot masjid, guru agama Hindu, Budha, Kristen, dan Katolik," jelasnya.

Upaya berikutnya revitalisasi tempat ibadah secara internal ataupun eksternal. Pada aspek internal, kata Adi, berupa renovasi tempat ibadah. Aspek eksternal berupa kegiatan sosial, seperti pembagian sembako kepada masyarakat.

Upaya terakhir adalah pembangunan Magelang Rumah Bersama, yakni kantor sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di gedung eks markas PSC 119. Gedung yang juga menjadi sekretariat Dewan Kesenian Kota Magelang, yakni Loka Budaya Drs Soekimin Adiwiratmoko.

Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz menegaskan, pencanangan Kampung Religi diharapkan membuat masyarakat komit mengamalkan nilai-nilai agama dan menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Programis pada hakikatnya semua komponen dari pemerintah, masyarakat, dan stakeholder berperan aktif guna mewujudkan Kota Magelang menjadi kota religius. Progamis tidak hanya untuk agama Islam saja tapi juga semua agama," tandasnya. (H88)

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kota Magelang Raih 6 STBM Award dari Kemenkes

Sabtu, 26 November 2022 | 10:15 WIB

Pelajar Gelar Doa Bersama, Untuk Korban Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 10:14 WIB

1.300 Petani Tolak Kenaikan Cukai

Sabtu, 26 November 2022 | 10:02 WIB

Seorang Gadis Ditipu Oleh Kenalan Barunya di Medsos

Jumat, 25 November 2022 | 10:53 WIB

Dua Tersangka Pencuri 16 Unit Laptop Ditangkap

Jumat, 25 November 2022 | 08:25 WIB

Seorang Paman Tega Setubuhi Keponakannya Hingga Hamil

Jumat, 25 November 2022 | 08:18 WIB
X