Guru Ngajdi Dapat Bantuan Domba Gratis

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:10 WIB
Guru ngaji di Kecamatan Kranggan Temanggung dapat bantuan Kambing (TIM/SM Kedu 1)
Guru ngaji di Kecamatan Kranggan Temanggung dapat bantuan Kambing (TIM/SM Kedu 1)

TEMANGGUNG, suaramerdeka-kedu.com - Sebanyak 54 guru ngaji di 5 TPQ di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung mendapatkan 54 bantuan domba dari Institut Agama Islam Negeri Salatiga (IAIN) atau sekarang menjadi Universitas Islam Negeri Salatiga, Senin, (27/06).
 
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Muh. Saerozi mengatakan, apa yang dilakukan kali ini merupakan aktivitas kelembagaan perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
 
"Pengabdian dilakukan setiap tahun, kami punya komitmen untuk pengembangan di daerah - daerah seperti yang dilakukan kali ini di Temanggung," katanya.
 
Ia mengatakan penyerahan 54 ekor domba yang ditujukan para guru ngaji di TPQ menurutnya sebagai bentuk keseimbangan antara beragama dan bernegara, bagaimana manusia berislam secara baik dan berbangsa secara baik tidak boleh timpang antara islam dan kenegaraan.
 
 
"Bagaimana anak-anak dididik keagamaan secara baik dan negara secara baik mulai dari TPQ, meskipun cakupannya masih sedikit namun semoga berguna," tuturnya.
 
Sementara itu Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan pemberian domba ini merupakan wujud UIN Salatiga memikirkan dan peduli terhadap pengembangan pendidikan keagamaan islam di kabupaten temanggung melalui pemberdayaan guru ngaji dengan kegiatan produktif ekonomi.
 
Ia menyampaikan bantuan tersebut beriringan dengan pemberian insentif Pemkab Temanggung kepada guru ngaji yang dinilai masih sedikit. Bupati mengatakan sejak 3 tahun lalu pemerintah Temanggung mulai memberikan insentif bulanan kepada guru ngaji yang jumlahnya 11 ribu sebesar Rp.100 ribu per bulan selama satu tahun.
 
"Jumlahnya sangat kecil dibandingkan dengan nilai pengabdiannya, pemberian insentif dilakukan karena guru ngaji paling berpengaruh terhadap pengetahuan anak tentang keislaman, yang memulai itu semua adalah guru ngaji yang ada di masjid-masjid, mushola, RT, TPQ dalam membangun karakter generasi kita." Terangnya.
 
 
Ditambah Bupati mengatakan populasi kambing dan domba di Temanggung sudah mendekati 550 ribu ekor dan menjadi populasi tersebar di Jawa Tengah serta menjadi pusat para pengembang kambing.
 
Di sisi lain, kemandirian desa semakin lama semakin menurun karena masyarakat sekarang ini hanya ingin instan dan bergantung pada hal-hal yang datang dari kota, dengan bantuan domba ini ia berharap akan meningkatkan peternakan rumahan di Temanggung.
 
"Kecamatan Kranggan menjadi salah satu terbesar disamping kecamatan yang lain, kita memang sedang kembangkan peternakan rumahan dan petani pekarangan mengingat masyarakat desa tingkat ketergantungannya terhadap kota semakin tinggi, bantuan ini sangat membantu kemandirian apa yang diberikan ini akan menjadi tauladan akan ditiru dan menjadi motivasi pada masyarakat Temanggung untuk terus maju meningkatkan kemandiriannya." Pungkasnya.
 
Sementara guru ngaji Muhammad Sukron dari Dusun Krajan, Desa Sanggrahan, Kecamatan Kranggan merasa senang karena mendapatkan kesempatan mengembangkan domba disamping mengajar al-quran untuk meningkatkan ekonomi keluarganya. 
 
"Belum ada kegiatan selama ini diluar mengajar ngaji, dikasih kegiatan untuk meningkatkan ekonomi dengan sarana pengembangan domba senang sekali," tuturnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kader PDIP Adakan Jajan Bareng Narisqa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:56 WIB

Piala Kasad Liga Santri di Yogyakarta Resmi Dimulai

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:06 WIB

APBD Temanggung Tahun 2023 Akan Devisit 80,6 Miliyar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB

Mayat Bersimbah Darah Ditemukan Warga Kentengrejo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:49 WIB

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Akhirnya Terisi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:44 WIB

Mancing Bareng Jadi Wahana Edukasi Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jelang Panen Raya Tembakau, Petani Gelar Ruwat Rigen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:00 WIB
X