Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

- Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB
SM/ Pelangi Karismakristi - Pelepasan empat calon jamaah haji sapu jagad di Masjid Abu Daldiri Komplek Kantor Kemenag Wonosobo, Sabtu (25/6) malam.
SM/ Pelangi Karismakristi - Pelepasan empat calon jamaah haji sapu jagad di Masjid Abu Daldiri Komplek Kantor Kemenag Wonosobo, Sabtu (25/6) malam.

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Wonosobo melepas empat calon jamaah haji sapu jagad pada Sabtu (25/6) malam. Sedianya mereka akan bertolak pada kloter 43 dari Solo namun mendapat peluang untuk berangkat pada kloter 29 dari Cengkareng. Mereka pun mengucap syukur tiada henti.

Pelepasan empat calon jamaah haji ini berlangsung di Masjid Abu Daldiri Komplek Kantor Kemenag Wonosobo, Sabtu (25/6) malam. Empat calon haji tersebut adalah Mudlikun dan Siti Supartinah dari Pasunten, Lipursari, Leksono, Akhmad Wildan dari Pakuncen Selomerto serta Kholimah asal dari Sibenteg, Kalikarung, Kalibawang.

Mudlikun mengucap syukur tiada henti karena dirinya bisa berangkat haji tahun ini meskipun sempat terkendala administrasi. Dia telah menunggu waktu hingga 11 tahun untuk melakukan rukun islam kelima.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Gusti Allah saya dapat berangkat sekarang. Walaupun tidak bersama dengan jamaah Wonosobo lain tidak apa apa, ikhlas lillahitaala,” ungkap Mudlikun.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Setda Wonosobo M Said mengatakan, mulanya empat calhaj tersebut harus tertunda keberangkatannya. Hal ini disebabkan karena mengalami gambatan pada pengurusan kelengkapan administrasi.

Bahkan sedianya mereka akan masuk dalam kloter 43 Solo namun karena adanya peluang di Kloter 29 Cengkareng embargasi Soekarno Hatta maka mereka dapat berangkat lebih awal. Ini lah yang dimaksud dengan sapu jagad.

“Syukur Alhamdulillah, berkat koordinasi yang baik serta kesigapan petugas haji Kabupaten Wonosobo, maka berhasil memperjuangkan jamaah calon haji yang terlambat dalam mengurus adminstratif,” kata Said dari keterangan persnya, Sabtu (25/6) malam.

Senada dengan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, dia mengaku turut mengucap rasa syukur atas keberangkatan haji tersebut. Bahkan mereka sempat mengalami hambatan pada proses administrasi.

“Allah sudah menentukan siapa yang akan dipanggil hari ini berangkat ke tanah suci, kami Pemerintah Kabupaten, Kementerian Agama dan Pemerintah pusat hanya melaksanakan dhawuhnya Allah saja. Untuk itu saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji, semoga diberi kesehatan, keselamatan dan menjadi haji yang mabrur," ucap Afif.

Untuk diketahui sebanyak 349 calon jamaah haji asal Wonosobo akan bertolak ke Arab Saudi pada 29 Juni mendatang, mereka terdiri dari 347 haji reguler dan dua Petugas Haji Daerah (PHD). Calhaj asal Wonosobo masuk dalam kloter 38 yakni sejumlah 133 jamaah dan 39 sebanyak 216 orang.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kader PDIP Adakan Jajan Bareng Narisqa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:56 WIB

Piala Kasad Liga Santri di Yogyakarta Resmi Dimulai

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:06 WIB

APBD Temanggung Tahun 2023 Akan Devisit 80,6 Miliyar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:55 WIB

Mayat Bersimbah Darah Ditemukan Warga Kentengrejo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:49 WIB

Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Akhirnya Terisi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:44 WIB

Mancing Bareng Jadi Wahana Edukasi Warga

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jelang Panen Raya Tembakau, Petani Gelar Ruwat Rigen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:00 WIB
X