Pandemi Belum Berakhir Masayarakat Harus Jaga Prokes

- Jumat, 24 Juni 2022 | 09:04 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin muncul subvarian virus corona baru dari Covid-19 yakni BA.4 dan BA.5 (Screenshoot instagram/@lawancovid19_id)
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin muncul subvarian virus corona baru dari Covid-19 yakni BA.4 dan BA.5 (Screenshoot instagram/@lawancovid19_id)

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Dinas Kesehatan terus mengingatkan masyarakat bahwa pandemi masih belum berakhir, walaupun sudah menyandang status PPKM level 1. Vaksinasi terus gencar dilakukan, terutama booster. Kegiatan masyarakat sudah diperbolehkan asal tetap prokes.

Kepala Dinas Kesehatan dr. M. Riyatno menekankan pada masyarakat bahwa pandemi masih ada, bahkan belakangan telah muncul virus varian baru. Di Wonosobo sendiri, kasus covid dalam dua minggu terakhir berada di angka nol.

"Kita tetap harus menjaga diri. Ingat pandemi belum dicabut, yang penting menjaga diri dan keluarga agar lebih sehat. Sekarang juga jaminan kesehatan masyarakat lebih baik," kata Riyatno yang ditemui di Gedung Sasana Adipura, kemarin.

Disinggung soal stok vaksin, Riyatno menjelaskan, pihaknya baru saja memesan 5000 dosis pfizer. Dia memastikan bahwa stok vaksin tersebut aman begitu juga dengan ambang batas waktu atau masa kadaluarsa.

"Jagka waktu aman kalaupun ada yang kadaluarsa biasanya kita menunggu dari BPOM dan Kemenkes untuk melakukan evaluasi ulang. Berita baiknya lagi, sinovac juga sekarang sudah bisa untuk vaksin ke 3 namun tetap diprioritaskan pada dosis 1, 2 dan untuk anak. ," imbuhnya.

Sekali lagi dia menekankan masyarakat untuk tidak abai pada protokol kesehatan. Utamanya pada penggunaan masker dan melakukan vaksinasi. Seperti diketahui capaian vaksin booster masih berada di angka 19 persen per 20 Juni lalu. "Kami optimis pada bulan Juli nanti bisa sampai 40 persen, sebagaimana sudah menjadi target angka nasional," kata Riyatno.

Ditemui secara terpisah, Pelaksana Sekretariat Satgas Covid Kabupaten Dwi Erna Widayanti menjelaskan bahwa Wonosobo kini sudah memasuki PPKM level 1. Artinya kini kegiatan masyarakat di tempat umum sudah boleh kapasitas penuh.

"Kalau PPKM level 2 kemarin, kegiatan masyarakat boleh dilakukan dengan kapasitas 75 persen dan prokes. Sekarang boleh 100 persen dengan tetap prokes, baik hajatan, pentas seni dan lainnya," tutur Erna.

Erna tetap mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan vaksin. Selain itu, bagi masyarakat yang hendak mengadakan kegiatan, untuk melakukan proses perizinan pada satgas covid menurut skalanya masing-masing.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X