Disperpa Kota Magelang Gelar Pelatihan Pakan Ikan Berbasis Pangan Lokal

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:31 WIB
Para peserta pelatihan pengolahan pakan ikan berbasis pangan lokal di Rumah Putih, kompleks TKL Ecopark Magelang, Rabu (22/6). Kegiatan ini digelar Disperpa Kota Magelang. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Para peserta pelatihan pengolahan pakan ikan berbasis pangan lokal di Rumah Putih, kompleks TKL Ecopark Magelang, Rabu (22/6). Kegiatan ini digelar Disperpa Kota Magelang. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang mengadakan pelatihan pengolahan pakan ikan berbasis pangan lokal di Rumah Putih, kompleks TKL Ecopark Magelang, Rabu (22/6).

Bertajuk "Optimalisasi Potensi Bahan Pangan Lokal untuk Pembuatan Pakan Ikan", kegiatan itu diikuti warga dari seluruh kelurahan di Kota Magelang.

"Kita melakukan pelatihan bagi pemula maupun yang sudah punya usaha untuk meningkatkan kapasitas mereka, supaya paham dan mandiri," kata Kepala Disperpa Kota Magelang Eri Widyo Saptoko dalam keterangan tertulis Pemerintah Kota Magelang.

Baca Juga: Disperpa Kota Magelang Helat Pelatihan Olahan Mocaf

Eri menyebut para peserta dari wilayah yang utamanya memiliki potensi, salah satunya kolam. Dia ingin mereka bisa membuat usaha sendiri meskipun skala kecil.

"Ini sekaligus mendukung program Pemkot Magelang yaitu Magelang Keren [Kelurahan Entrepreneurship Centre]," ujarnya.

Ditekankan Eri, pelatihan menitikberatkan pada pengolahan pakan ikan karena 60 persen usaha budi daya ikan bergantung pada pakan.

Baca Juga: Disperpa Kota Magelang Gelar Pelatihan Urban Farming

"Pakan itu 60 persen dari usaha budi daya ikan. Ini penting, keberhasilan usaha tergantung dari pakannya. Kalau bergantung pada pabrik mahal. Maka kita latih pengolahan ikan dengan bahan lokal," pungkas dia.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X