59 Warga Magelang Dapat Bantuan Listrik Gratis

- Selasa, 21 Juni 2022 | 18:59 WIB
Manajer PLN UP3 Magelang Yunarsih (dua dari kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan pemasangan listrik gratis bagi warga Perumahan Berbasis Komunitas di Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Kota Magelang, Selasa (21/6). (Suara Merdeka/Asef Amani)
Manajer PLN UP3 Magelang Yunarsih (dua dari kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan pemasangan listrik gratis bagi warga Perumahan Berbasis Komunitas di Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Kota Magelang, Selasa (21/6). (Suara Merdeka/Asef Amani)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Sejumlah warga Magelang mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang. Ini bagian dari program tanggung jawab sosial bernama PLN Peduli.

Total ada 59 calon pelanggan listrik gratis yang mendapatkan bantuan ini, yakni 28 warga Kota Magelang dan 31 warga Kabupaten Magelang.

"Saat ini yang sudah menyala ada 3 rumah. Sisanya masih proses administrasi, karena ada kendala NIK pemohon sudah terpakai dan ada pula yang NIK pemohon tidak masuk di Basis Data Terpadu (BDT)," kata Manajer PLN UP3 Magelang Yunarsih di sela kegiatan serah terima bantuan di Perumahan Berbasis Komunitas di Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Selasa (21/6).

Baca Juga: PLN Berikan Sambung Listrik Gratis Bagi Puluhan Calon Pelanggan

Yunarsih menerangkan, untuk bisa menerima bantuan listrik gratis, calon penerima merupakan warga yang berada di bawah garis kemiskinan. Kemudian ia akan dimasukkan ke data di Dinas Sosial dan Kementerian Sosial.

"Setelah terverifikasi data akan dimasukkan ke PLN, baru kita yang merealisasikannya. Memang tidak setiap tahun kita mendapat kuota, tapi alhamdulillah dua tahun berturut-turut ini kita dapat. Tahun kemarin ada 200-an pemohon dan tahun ini sebanyak 59," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Magelang, Bowo Adrianto menyebut, selain listrik pihaknya juga berencana meminta PDAM untuk dapat membantu warga memenuhi kebutuhan air. Termasuk, pembuatan septic tank komunal.

Baca Juga: PLN UPT Purwokerto Serahkan TJSL Rp 30 Juta untuk Perajin Tudung Grujugan

"Saya akan koordinasikan dengan DPU-PR untuk dapat membantu pembuatan septic tank komunal," tambahnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kota Magelang Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:23 WIB

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X