Imbas PMK, Sebagian Pedagang Ternak di Magelang Ragu Jual Sapi

- Senin, 20 Juni 2022 | 14:31 WIB
Lapak penjualan kambing untuk hewan kurban di tepi jalan raya Bayanan, Kecamatan Mertoyudan, Senin (20/6). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Lapak penjualan kambing untuk hewan kurban di tepi jalan raya Bayanan, Kecamatan Mertoyudan, Senin (20/6). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat pedagang hewan ternak di Kabupaten Magelang ragu menjual sapi. Pedagang pun memilih menjual kambing atau domba saja.

Farhan (16), pengelola perdagangan hewan ternak asal Desa Salamkanci, Kecamatan Bandongan, mengatakan belum membeli persediaan sapi kendati Iduladha tinggal tiga minggu lagi.

"Nunggu perkembangan. Kalau (PMK) sudah reda akan jual (sapi) lagi," akunya saat ditemui di Kecamatan Mertoyudan, Senin (20/6).

Farhan menyebut tahun lalu menyiapkan 15 sapi untuk Iduladha. Satu ekor sapi dijual antara Rp20-25 juta. Adapun sapi didatangkan dari Ambarawa.

Baca Juga: Pemkab Magelang akan Bentuk Satgas Penanganan PMK

Lain halnya dengan Zaenal Arifin, pedagang sapi asal Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur. Dia mengaku telah menjual 10 sapi jelang Iduladha 2022. Seekor sapi dijual antara Rp23-32 juta.

"Dari Wonosobo ada empat (pembeli), sisanya orang lokal, kayak Muntilan dan Borobudur," ujarnya.

Zaenal menyatakan PMK tidak terlalu mempengaruhi penjualan sapinya. Pasalnya, dia mengaku langsung melakukan tindakan preventif saat kasus PMK belum begitu marak. Yakni mengisolasi kandang dengan tidak menerima sapi, dan kunjungan, dari luar.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Joni Indarto mengatakan, stok hewan kurban untuk Iduladha dipastikan aman.

Baca Juga: Imbas PMK, Produksi Susu Sapi Perah di Magelang Menurun

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kota Magelang Mulai Lakukan Vaksinasi PMK

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:23 WIB

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X