Masyarakat Harus Waspada Terhadap Kasus Curanmor

- Senin, 20 Juni 2022 | 09:59 WIB
SM/ Pelangi Karismakristi : Konferensi pers Polres Wonosobo terkait penangkapan tersangka curanmor, Kamis (16/6).
SM/ Pelangi Karismakristi : Konferensi pers Polres Wonosobo terkait penangkapan tersangka curanmor, Kamis (16/6).

WONOSOBO, suaramerdeka-kedu.com - Satreskrim Polres Wonosobo menangkap seorang pelaku pencurian motor di Rest Area Silatri Desa Beran, Kecamatan Kepil pada pertengahan Bulan April lalu. Pelaku mengaku baru sekali melakukan curanmor. Pelaku dipersangkakan pasal 362 KUHP.

Kasat Reskrim Polres Wonosobo AKP Ahmad Sugeng menjelaskan tersangka Kusnudin (43) merupakan warga Dusun Sijabung RT 03 RW 01 Desa Pangerengan Kecamatan Kalibawang. Dia ditangkap pada 19 April 2022 dengan barang bukti satu unit sepeda motor Honda Revo tahun 2011 warna hitam.

AKP Sugeng membeberkan kronologi pada hari Minggu (17/4) pukul 21.20 saat pelapor hendak pergi dan berhenti di Rest Area Silatri Desa Beran. Dia memarkir sepeda motor miliknya dengan posisi kunci masih tertancap di lubang kunci.

"Pelapor pergi untuk beli makan dan rokok, selang 20 menit dia kembali ke parkiran dan tidak mendapati sepeda motornya. Atas kejadian tersebut pelapor kemudian melaporkan ke Polsek Kepil. Saudara Kusnudin terancam hukuman paling lama ;lima tahun," jelas AKP Sugeng pada saat konferensi pers tindak pidana pencurian di Mapolres, Jumat (16/6).

Pada saat yang sama, tersangka Kusnudin mengaku mengambil motor karena ada kesempatan, yakni melihat kunci motor yang masih tertancap. Kemudian dia segera membawa ke rumahnya.

"Saya baru pertama kali ini mencuri motor karena ada kesempatan melihat kunci motor yang menancap. Tadinya motor mau buat membawa rumput," aku Kusnudin.

Sementara itu, Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyopuspito mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap pencurian motor. Dia berharap masyarakat bisa menjadi polisi untuk dirinya sendiri.

"Contoh saat memarkir kendaraan, kunci harusnya diambil jangan sampai menancap karena ini menciptakan peluang orang untuk berbuat jahat. Mari berkolaborasi, jika warga mendapati informasi curanmor segera laporkan," tutup Kapolres. (ang)

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Jamaah Haji Sapu Jagad Diberangkatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 09:05 WIB

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB
X