Kunjungi Candi Borobudur, Presiden Jerman Tinjau Bantuan Peralatan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 14:36 WIB
(Dari kiri ke kanan) Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, dan Direktur UNESCO Kantor Jakarta Mohamed Djelid di Candi Borobudur, Jumat (17/6). (Dokumentasi Balai Konservasi Borobudur)
(Dari kiri ke kanan) Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, dan Direktur UNESCO Kantor Jakarta Mohamed Djelid di Candi Borobudur, Jumat (17/6). (Dokumentasi Balai Konservasi Borobudur)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeir melakukan kunjungan kenegaraan di Candi Borobudur, Jumat (17/6).

Pantauan Suara Merdeka, Frank dan rombongannya tiba di Balai Konservasi Borobudur sekitar pukul 09.46 WIB.

Terlihat Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menyambut kedatangan mereka.

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB), Wiwit Kasiyati menuturkan, kunjungan Frank diawali ke laboratorium fisik BKB untuk melihat bantuan peralatan dari Pemerintah Jerman. Peralatan ini untuk membuat mortar dan memantau drainase Candi Borobudur.

Baca Juga: Presiden Jerman Kunjungi Candi Borobudur, Wisata Tutup 07.00-12.00

Kemudian, meninjau ruangan arsip Memory of the World yang memuat informasi bantuan tenaga ahli dari Pemerintah Jerman soal pengelolaan arsip pemugaran Candi Borobudur.

Setelah dari BKB, lanjut Wiwit, Frank naik ke Candi Borobudur melalui sisi timur, dan menerima penjelasan dari pemandu tentang situs warisan dunia itu berikut relief-reliefnya.

"Presiden Jerman menyaksikan monitoring dan evaluasi drainase di lorong 1 sisi barat dengan menggunakan peralatan bantuan dari Pemerintah Jerman," katanya dalam keterangan tertulis.

Ditemui usai kunjungan Frank, Hilmar Farid mengatakan, kepala negara tersebut baru pertama kali ke Candi Borobudur kendati sudah beberapa kali ke Indonesia. Frank pun naik hingga ke Arupadhatu.

Baca Juga: Presiden Jerman akan Kunjungi Candi Borobudur Pekan Ini

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB

Untidar akan Menggelar Pemilihan Rektor

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:39 WIB

37 Desa Di Temanggung Serentak Pilkades

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:45 WIB

59 Warga Magelang Dapat Bantuan Listrik Gratis

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:59 WIB
X