PKL dan Reklame Tak Berijin Ditertibkan Satpol PP

- Jumat, 17 Juni 2022 | 07:25 WIB
Kepala bersama Kabid Penegakan Perda Satpol PP saat penertiban PKL di wilayah Purworejo (SM/Dok)
Kepala bersama Kabid Penegakan Perda Satpol PP saat penertiban PKL di wilayah Purworejo (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Tim gabungan empat Dinas instansi Pemerintah Kabupaten Purworejo melakukan operasi penertiban pada sejumlah papan reklame yang tidak berijin dan Pedagang kaki lima (PKL).

Tim gabungan terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (SatPol PP Damkar) bersama Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Koperas Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinas KUKMP) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR).

Penertiban kali ini difokuskan pada jalan A. Yani, Jalan KH. Dahlan dan Jalan Kol. Sugiyono Purworejo.

Kepala Satpol PP Damkar Haryono mengatakan, pelaksanaan operasi ini selain untuk penegakan Peraturan daerah, juga karena adanya pengaduan masyarakat.

“Tugas kita bukan bertentangan dengan HAM, tetapi kita pendukung HAM karena yang kita tegakkan adalah menertibkan hambatan yang menjadi hak orang lain yang dirampas oleh segelintir orang. Yakni pejalan kaki yang tidak dapat jalan karena trotoar digunakan berjualan,” jelas Haryono, saat dikonfirmasi Selasa (14/6).

Dikatakan, operasi ini dimaksudkan agar tercipta kondisi yang kondusif, dari pelaksanaan kegiatan di temukan banyak pelanggaran.

"Operasi ini, kita mendata dan melakukan sosialisasi terlebih dahulu bersama OPD terkait. Seperti pelanggaran jalan dibina Dinhub, pedagang dibina Dinas KUKMP, dan bangunan non permanen PKL dibina Dinas PUPR. Harapannya kegiatan ini, akan tercipta kondisi yang tertata, rapi, indah dan tertib," jelasnya.

Lebih lanjut Haryono menjelaskan, tindaklanjut operasi ini akan dilakukan pemantauan dan jika ditemukan terdapat PKL atau toko yang tidak sesuai, maka akan dilakukan pemanggilan dan peringatan.

“Jika masih membandel, kita akan melakukan upaya penertiban berupa pengaman dan pengangkutan barang dagangan ke Mako SatPol PP Damkar dan dilakukan penyidikan hingga ke pangadilan,” tandasnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X