HIR Jatmiko: TPST Bojong, Kota Magelang Tak Terurus

- Senin, 13 Juni 2022 | 19:17 WIB
Anggota DPRD Komisi C Kota Magelang menunjuk lokasi proyek TPST Bojong, Jurangombo Selatan, Kota Magelang. (Suara Merdeka/Asef Amani)
Anggota DPRD Komisi C Kota Magelang menunjuk lokasi proyek TPST Bojong, Jurangombo Selatan, Kota Magelang. (Suara Merdeka/Asef Amani)

MAGELANG, SUARA MERDEKA – Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang, HIR Jatmiko menilai pembangunan proyek Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bojong, Jurangombo Selatan, tak terurus.

Pasalnya, menurut dia dampak refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19 tidak membikin pembangunannya mangkrak.

"Saya lihat ada talud yang ambrol, drainase tidak jalan, akses jalan batu yang dibangun sejak tahun 2018 banyak yang rusak. Mestinya biaya perawatan itu tetap ada. Jangan dibiarkan mangkrak seperti sekarang," katanya, Senin (13/6).

Politisi Partai Hanura itu meminta anggota DPRD membentuk panitia khusus untuk mencari solusi penanganan sampah. Terlebih, Tempah Pengelolaan Sampah Akhir (TPSA) Kota Magelang di Desa Banyuurip, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, telah kelebihan muatan.

Baca Juga: Pemkab Magelang Berencana Buat RTH dan TPST di Sekitar TPA Pasuruhan

"Padahal kalau menunggu progres TPST Bojong masih tahun 2024. Sedangkan TPST Bandongan yang dibangun Provinsi Jawa Tengah masih menunggu sampai 2025," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang, Muhamad Syafrudin Kurniawan menjelaskan, seharusnya tahun 2022 TPST Bojong sudah bisa difungsikan.

Namun, rencana itu gagal karena tahun 2020 terjadi refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19.

"Tahun 2022 ini, sudah ada alokasi Rp6 miliar untuk pengerasan akses jalan sepanjang sekitar 500 meter. Sekarang sudah dilelang, mudah-mudahkan awal Juli sudah ada kontrak," ujarnya.

Baca Juga: Gunungan Sampah TPA Pasuruhan Longsor ke Lahan Warga

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X