Konsistensi Jadi Kunci Keberhasilan Kembangkan Destinasi Wisata

- Jumat, 3 Juni 2022 | 08:04 WIB
Foto bersama pada acara penutupan pelatihan terhadap pelaku wisata di Kabupaten Purworejo oleh Badan Otorita Borobudur (BOB), di pendapa Anjangsifa, Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing (SM/Hafidz Kurnia)
Foto bersama pada acara penutupan pelatihan terhadap pelaku wisata di Kabupaten Purworejo oleh Badan Otorita Borobudur (BOB), di pendapa Anjangsifa, Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Kegagalan pengelolaan suatu destinasi wisata biasanya disebabkan oleh pengelola destinasi yang tidak konsisten dalam menjalankan Standard Operating Procedure (SOP) pada suatu destinasi.

Konsistensi dari pengelola wisata tersebut, merupakan kunci keberhasilan untuk mengembangkan suatu destinasi wisata.

Oleh karena itu, para pelaku wisata dituntut untuk terus konsisten dalam menerapkan prosedur operasional standar pada sebuah destinasi wisata.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita dalam penutupan pelatihan terhadap pelaku wisata di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Desa Sedayu, Kecamatan Loano, dan Desa Benowo, Kecamatan Bener.

Acara penutupan pelatihan tersebut digelar di pendapa Anjangsifa, Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kamis (2/6).

"Gagal itu biasanya karena ada yang tidak konsisten, tidak ada tempat yang gagal kalau dikerjakan dengan konsisten dan bersama-sama, membentuk suatu destinasi pariwisata super prioritas itu harus bersama-sama," kata Indah, usai acara penutupan pelatihan.

Bersama-sama disini, lanjutnya, artinya seluruh pihak yang terlibat seperti dinas terkait, lingkungan sekitar destinasi wisata, rantai pasok, hingga pelaku wisata harus terus bersinergi secara konsisten.

"Jika sudah begitu nanti tamunya lama-lama juga akan konsisten datang, pasar itu begitu banyak, ada 40-an juta orang, jadi kita harus bisa menangkap itu, apalagi ada YIA, nanti juga ada jalan tol," jelasnya.

Namun begitu, menurut Indah keberhasilan sebuah destinasi wisata tetap bergantung kepada pelaku wisata itu sendiri.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X