Desa Wisata Perlu Hidupkan Kreativitas Seni, Warga Pandanrejo Dilatih Membatik

- Jumat, 3 Juni 2022 | 07:32 WIB
Sejumlah anak dan remaja di Desa Wisata Pandanrejo Kecamatan Kaligesing dilatih membatik oleh mahasiswa dan dosen ISI Jogjakarta (SM/Dok)
Sejumlah anak dan remaja di Desa Wisata Pandanrejo Kecamatan Kaligesing dilatih membatik oleh mahasiswa dan dosen ISI Jogjakarta (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Desa wisata perlu menghidupkan kreativitas dan seni untuk menguatkan daya pikat wisatawan.

Adanya kreativitas seni diharapkan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar desa wisata.

Hal tersebut mendorong para dosen dan mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta untuk memberikan pelatihan membatik di Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing.

Sejumlah remaja dan anak-anak diajari cara membatik kain dengan cap kertas yang dikombinasikan menggunakan daun dengan warna sintetis agar menjadi batik yang unik dan beda dengan daerah lain.

Dosen Fakultas Seni Rupa jurusan Kriya ISI Jogjakarta, Toyibah Kusumawati, menyebut pelatihan membatik merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk menumbuhkan seni di Desa Pandanrejo.

"Kita turun dimasyarakat untuk berbagi ilmu, di mana kita punya keterampilan yang bermacam- macam, di antaranya adalah tekstil (batik). kalau di sini saya mengajari batik dengan cap kertas, kemudian saya kombinasikan dengan cap menggunakan daun dengan warna sintetis, dengan harapan hasilnya nanti memang unik berbeda dengan daerah lain," sebutnya, Rabu (1/6).

Baca Juga: Lahan 15,54 Ha di Bandongan Akan Jadi Lokasi TPST Regional

Pelatihan membatik dijadwalkan berlangsung sebanyak 12 kali pertemuan. Pesertanya difokusnya kepada para remaja dan anak- anak.

"Saya tertarik melakukan kegiatan di Desa Pandanrejo karena disini merupakan desa wisata. Harapan saya bisa menjadi desa wisata yang lebih berkembang lagi dan harapan saya khusus bagi kelompok ini bisa membantu masyarakat sini biar punya kerajinan khusus yang bisa menjadi salah satu mata pencaharian sekaligus untuk mendukung desa wisata Pandanrejo," ujarnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X