Lahan 15,54 Ha di Bandongan Akan Jadi Lokasi TPST Regional

- Kamis, 2 Juni 2022 | 16:53 WIB
Akses masuk menuju Dusun Gentan, Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, yang jadi bakal calon lokasi TPST regional. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Akses masuk menuju Dusun Gentan, Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, yang jadi bakal calon lokasi TPST regional. (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Lahan seluas sekira 15,54 hektare di Kecamatan Bandongan akan menjadi lokasi tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) regional. Nantinya semua sampah di Magelang dibawa ke sini untuk diolah jadi sumber energi alternatif.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Tri Astuti mengatakan, dari total luasan lahan itu bangunan TPST regional memakan lahan 13,56 hektare.

Dari jumlah tersebut, 10,6 hektare milik masyarakat dan 2,96 hektare milik Perhutani. Sedangkan akses masuk TPST regional memakan lahan masyarakat seluas 1,98 hektare.

Baca Juga: Gunungan Sampah TPA Pasuruhan Longsor ke Lahan Warga

"Lokasi TPST tata proyeknya di Desa Gandusari saja. Akses masuk, melewati dua desa, Gandusari dan Rejosari. Tapi pemilik tanah ada yang bermukim di Desa Kembangkuning," ujar Astuti usai acara sosialisasi rencana pengadaan lahan TPST regional di Balai Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kamis (2/6).

Astuti menyebutkan TPST regional diproyeksikan bisa mengolah sampah 526 ton per hari. Namun, dia bilang sampah yang terolah menjadi sumber energi sekitar 497 ton per hari.

"Tapi ada sampah yang tidak bisa diolah, seperti kaca, limbah B3 [bahan berbahaya dan beracun], kaleng harus dipisahkan," terangnya.

Baca Juga: Kelebihan Muatan, TPA Pasuruhan Tak Terima Sampah Organik

Dia menambahkan TPST regional juga diharapkan menjadi solusi permasalahan penanganan sampah di Magelang. Terlebih TPA Pasuruhan, yang menampung sampah di kabupaten, dan TPA Banyuurip, yang menampung sampah di kota, sudah kelebihan muatan.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X