Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, MTCC Unimma Gelar 2 Kegiatan

- Senin, 30 Mei 2022 | 13:02 WIB
Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) memungut puntung rokok di lingkungan kampus Unimma 2, Senin (30/5). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)
Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) memungut puntung rokok di lingkungan kampus Unimma 2, Senin (30/5). (Suara Merdeka/Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2022, Muhammadiyah Tobacco Control Center Universitas Muhammadiyah Magelang (MTCC Unimma) mengadakan kegiatan lomba poster dan pemungutan puntung rokok di sekitar kampus.

Pelaksana riset MTCC Unimma, Heni Setyowati Esti Rahayu mengatakan, dua kegiatan tersebut merupakan respons atas tema HTTS 2022 "Tembakau Mengancam Lingkungan Kita" dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Adapun HTTS diperingati setiap 31 Mei.

Untuk lomba poster, Heni menyebut, bertema tentang bahaya-bahaya rokok, baik bagi lingkungan maupun kesehatan.

Baca Juga: Dobrak Kemiskinan Ekstreme, IAINU Angkat Potensi Tembakau di Kebumen

Sementara pada pemungutan puntung rokok, berlangsung di Unimma kampus 1 dan 2, Senin (30/5). Sedikitnya sembilan orang tersebar di kedua lokasi.

"Di lingkungan kampus sudah punya peraturan rektor larangan merokok, meskipun masih ada yang ngumpet-ngumpet. Kalau puntung rokok masih banyak berarti yang ngumpet-ngumpet masih banyak. Kalau sedikit berarti sudah tertib," ujar Heni di kantor MTCC Unimma, Senin.

Heni menambahkan pemungutan puntung rokok juga akan dilakukan di Gunung Giyanti Gunung Andong. Lokasi pertama pada Rabu (1/6), lokasi kedua pada Minggu (5/6).

Baca Juga: Miliki Tembakau Gorila, Dua Anak di Bawah Umur Ditangkap Polisi

"Kami kirim mahasiswa Unimma yang di UKM [unit kegiatan mahasiswa] MENTARI [Mahasiswa Pecinta Alam Rimba Raya Indonesia]. Melibatkan juga anak-anak petani di sekitar Gunung Giyanti dan Andong," pungkasnya.

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Terkini

KPPN Magelang Serahkan DIPA dan Alokasi TKD 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 16:14 WIB

Pembangunan Puskesmas Bejen Molor

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:26 WIB

DPRD Dorong Perbup Disabilitas Segera Dibuat

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:16 WIB

Pemkot Magelang Raih SAKIP Predikat BB

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:28 WIB
X