Komda Lansia Minta Pemkab Purworejo Perhatikan Kesejahteraan Lansia

- Minggu, 29 Mei 2022 | 10:01 WIB
Anggota DPRD Purworejo Hendricus Karel berdiskusi dengan salah satu anggota Komda Lansia usai audiensi di pendapa pertemuan rumah makan Dargo, Kelurahan Pangenrejo, Kecamatan Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)
Anggota DPRD Purworejo Hendricus Karel berdiskusi dengan salah satu anggota Komda Lansia usai audiensi di pendapa pertemuan rumah makan Dargo, Kelurahan Pangenrejo, Kecamatan Purworejo (SM/Hafidz Kurnia)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Sejumlah kegiatan peningkatan kesejahteraan bagi Lansia di Kabupaten Purworejo terhambat karena terkendala pendanaan yang minim.

Oleh karena itu, Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Purworejo meminta Pemerintah Kabupaten Purworejo agar merespon hal tersebut dengan lebih memperhatikan kesejahteraan para Lansia.

Hal itu terungkap dalam sebuah audiensi antara Komda Lansia, DPRD Kabupaten Purworejo, dan Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsosdaldukkb) Kabupaten Purworejo di pendapa pertemuan rumah makan Dargo, Kelurahan Pangenrejo, Kecamatan Purworejo.

Tri Budiyono, Sekertaris Komda Lansia Purworejo mengemukakan, organisasi Komda Lansia di Kabupaten Purworejo telah dibentuk dan dilantik hingga tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan.

Namun begitu, beberapa kegiatan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan bagi lansia di Purworejo belum berjalan secara maksimal.

"Hal itu terjadi karena adanya pandemi, lalu dananya juga tidak ada. Untuk itu kami sampaikan aspirasi lewat audiensi ini, semoga direspon dengan baik oleh dewan dan dinas terkait. Karena cita-cita kami meningkatkan kesejahteraan lansia yang berkualitas dan mandiri bisa terwujud jika didukung dana dari pemerintah," terangnya, Jumat (27/5).

Kegiatan yang dilakukan Komda Lansia, lanjutnya, diantaranya adalah pembinaan lansia, pemberdayaan lansia, pemeriksaan kesehatan dini, motivasi, serta kegiatan-kegiatan untuk menjaga kebugaran lansia.

"Jangan sampai lansia itu tahu kalau dirinya sakit saat sudah kronis, jadi perlu pemerikasaan dini bagi lansia. Untuk pemberdayaan lansia itu seperti membentuk grup seni lansia, bisa karawitan, tembang kenangan, bisa juga membentuk grup senam lansia," ujarnya.

Baca Juga: Simpel Mpu Panjalu Diluncurkan Pemkab Purworejo

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Magelang Canangkan 11 Kampung Religi

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:56 WIB

Kabupaten Magelang Dapat Alokasi 500 Vaksin PMK

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:16 WIB

Untidar akan Menggelar Pemilihan Rektor

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:39 WIB

37 Desa Di Temanggung Serentak Pilkades

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:45 WIB
X