Simpel Mpu Panjalu Diluncurkan Pemkab Purworejo

- Minggu, 29 Mei 2022 | 09:55 WIB
Bupati Purworejo bersama Kepala Dinas Perhubungan Purworejo pada saat peluncuran inovasi Simpel Mpu Panjalu di ruang Bagelen Setda Purworejo (SM/Dok)
Bupati Purworejo bersama Kepala Dinas Perhubungan Purworejo pada saat peluncuran inovasi Simpel Mpu Panjalu di ruang Bagelen Setda Purworejo (SM/Dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-kedu.com - Inovasi Simpel MPU Panjalu (Sistem Informasi Pelayanan dan Pengelolaan Lampu Penerangan Jalan Umum) diluncurkan oleh Pemerintahan Kabupaten Purworejo.

Inovasi tersebut merupakan salah satu program unggulan kabupaten Purworejo, sebagaimana termuat pada RPJMD Tahun 2021 hingga 2026.

Hal tersebut merupakan program Pemkab sebagai respon atas meningkatnya ekskalasi lalu lintas kendaraan bermotor serta angkutan orang dan barang pada malam hari.

Selain itu, seiring meningkatnya kapasitas wilayah Kabupaten Purworejo di bidang ekonomi dan pembangunan maka juga memerlukan dukungan ketersediaan LPJU yang memadai. Sehingga transportasi dapat berjalan dengan lancar serta meminimalisir kejadian kecelakaan.

"Dengan inovasi ini dapat dikatakan Purworejo telah melakukan digitalisasi pelayanan pengelolaan lampu penerangan jalan umum. Kami sudah melaunching inovasi Simpel Mpu Panjalu atau sistem informasi pelayanan dan pengelolaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) pada Senin (23/05) lalu," kata Bupati, Jumat (27/5).

Bupati berharap, digitalisasi pelayanan pengelolaan lampu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi internet diharapkan dapat lebih memudahkan dan memperlancar dalam pelayanan dan pengelolaan LPJU.

"Untuk memaksimalkan pemanfaatanya maka perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas SDM teknisi, sehingga pelayanan dan pengelolaan LPJU semakin baik dan sesuai dengan yang kita harapkan bersama," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Hery Raharjo menjelaskan, jika inovasi ini merupakan respon dari dinas untuk menonjolkan salah satu program unggulan di Kabupaten Purworejo.

"Koneksitas antar wilayah dan daerah di Kabupaten Purworejo telah didukung ketersediaan jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten. Sementara untuk jalan kabupaten sendiri sepanjang 2.055,26 km yang terinci 769,25 Km jalan Kabupaten dan 1.286,01 Km jalan poros desa," jelasnya.

Halaman:

Editor: M. Nur Chakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Read Aloud Magelang Resmi Dilaunching

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:55 WIB

Panglima TNI Tinjau Kantor Pemkot Magelang

Minggu, 29 Januari 2023 | 17:05 WIB

Kemenkeu Jateng, Paparkan Kinerja Positif APBN 2022

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:03 WIB

Polda Jateng Mulai Uji Coba Drone Tilang Elektronik

Jumat, 27 Januari 2023 | 18:07 WIB

Realisasi PAD Kota Magelang Naik Signifikan

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Barongsai Sebagai Simbol Pembawa Berkah

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:09 WIB

Sedapnya Kue Keranjang Imlek Balutan Daun Pisang

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
X